Julhasan: Belanja Pakai KIA Bisa Hemat Hingga 50 Persen

IMG 20221205 WA0001

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Bangka Tengah menyebut bahwa selain untuk identitas, pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA) juga bisa mendapatkan diskon di beberapa wahana taman bermain dan fasilitas publik lainnya, bahkan hingga 50 persen.

“Jadi kalau anak ada KIA bisa dapat diskon sampai 50 persen. Misalnya di Tirto Nirmolo 3 di Terentang dapat diskon 15 persen, Pasir Padi Bay sampai 50 persen dan di beberapa wahana dan tempat makan lainnya. Bahkan untuk berobat dan sunat juga bisa. Hanya tunjukan KIA saja, ” kata Kadisdukcapil Bangka Tengah, Julhasan, Senin (5/12/2022).

Sehingga, kata Jul, dengan adanya KIA ini bisa menghemat uang belanja para orang tua.

“Anak-anak suka bermain di fasilitas publik, lumayan bisa menghemat uang belanja untuk orangtua dan bisa menyenangkan masyarakat pakai KIA, ” sebutnya.

Pihaknya juga mengatakan sudah menjalin kerja sama dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini-Red), TK serta SD yang ada di Bangka Tengah untuk pembuatan KIA.

“Kan KIA cuma butuh KK dan foto, makanan kami sudah melakukan PKS (Perjanjian Kerja Sama-Red) ke PAUD, TK dan SD di Bangka Tengah agar bisa memberikan pelayanan KIA. Sekolah hanya memberikan info anak saja, ” ungkapnya.

Sementara itu, Ria (35) warga Koba yang sudah merasakan langsung manfaat KIA mengatakan, ia awalnya tidak mau membuat KIA. Namun karena dari sekolah dibuatkan akhirnya dirinya pun membuat KIA.

“Jadi karena dari sekolah, karena saya malas bikinnya. Namun ada KIA bisa menguntungkan. Kemarin saya bawa anak ke Pasir Padi Bay dan MCD dapat diskon, ” ungkapnya.

Ia bahkan sudah beberapa kali menggunakan fasilitas diskon dari KIA karena bisa meringankan bebannya dalam belanja anak.

“Beli buku, makan dan ajak anak jalan-jalan jadi bisa lebih hemat aja. Kan kalau bawak anak ke wahan bermain orangtua pasti ikut. Lumayan membantu KIA ini. Jadi saya pun gak terlalu mahal bayarnya dan anak senang, ” tutupnya. (erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas