Hari Ini, Kodim Basel dan Yonif 147 Resmi Beroperasi

IMG 20221208 WA0009
Foto: Mayjend Hadi saat menandatangani prasasti peresmian Kodim Bangka Selatan. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) II/ Sriwijaya (Pangdam II Sriwijaya) Mayor Jendral TNI Hilman Hadi meresmikan Kodim 0432 Basel dan Satuan Baru Yonif 147 / Ksatria Garuda Jaya, Kamis (8/12/2022).

Ia mengatakan pembentukan Kodim dan satuan baru ini untuk mempermudah hirarki pengamanan untuk Bangka Belitung saat melaksanakan upacara di ex Markas Komando Resort Militer 045 Garuda Jaya (Makorem 045 Gaya) Bangka Belitung di Belilik.

“Jadi saya sudah 2 hari di Bangka Belitung dimana sebelumnya ke Bangka Selatan dan hari ini di Bangka Tengah untuk meresmikan Kodim Bangka Selatan dan Satuan Baru Yonif 147. Dan perhari ini keduanya resmi bisa beroperasi,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pembentukan Kodim Basel dan Batalyon 147 ini sudah lama disiapkan, namun secara resmi kedua satuan ini baru resmi dan bisa beroperasi hari ini.

Mayjend Hadi juga mengatakan pembentukan Kodim Bangka Selatan dan Batalyon 147 agara TNI-AD bisa melakukan pembinaan teritorial dan fungsi tempur.

“Ini bagian pelaksanaan tugas pokok TNI untuk melakukan fungsi tempur dan pembinaannya dalam hal ini TNI-AD tentunya,” ucapnya.

“Dengan fungsi-fungsi utama tersebut makanya TNI dalam hal ini TNI-AD butuh organisasi pelaksana dibawah komando,” lanjutnya.

Mayjen Hadi juga mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 40 persen personil untuk pembentukan Kodim Bangka Selatan dan Batalyon 147 ini.

“Kami menyebutnya arisan, dimana kami ambil semua personil dari lingkungan sendiri. Kalau ambil dari luar perlu ada birokrasi yang ada. Namun dengan 40 persen personil yang ada, saya yakin operasional 2 satuan baru ini bisa berjalan dengan baik,” jelas Panglima Kodam II /Sriwijaya tersebut.

“Kita juga akan tarik sebagian putra-putri daerah yang sedang pendidikan untuk Batalyon 147 dan Kodim Bangka Selatan nantinya,” tambahnya.

Ia berharap bisa melakukan pembinaan dan memelihara saran dan prasaran yang ada disediakan serta melakukan peningkatan untuk sarana dan prasaran yang ada nantinya.

“Kita berharap Pembentukan Batalyon 147 dan Kodim Bangka Selatan bisa melakukan pembinaan dengan baik serta bisa bersinergi dengan semua pihak dalam melakukan tugasnya sebagai pertahanan negara serta terima kasih semua pihak yang mendukung percepatan Satuan Baru Batalyon 147 dan Kodim Bangka Selatan,” tutupnya.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas