Hari Ini Tiga Parpol di Bangka Tengah Dinyatakan Faktual, Lima Belum

IMG 20221208 WA0019
Foto: Pleno KPU Bangka Tengah. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Komisi Pemilihan Umum Bangka Tengah (KPU Bateng) mengadakan rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan kepengurusan dan keanggotaan partai politik tingkat kabupaten/kota calon peserta pemilihan umum 2024 KPU Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (8/12/2022) di Novotel Pangkalan Baru.

Ketua KPU Bangka Tengah Rusdi mengatakan dalam rapat tersebut seluruh parpol tetap diundang meskipun ada lima partai politik yang melakukan perbaikan.

“Kami undang semua partai politik yang perbaikan dan non perbaikan supaya kita bisa komunikasi dengan baik karena tahapan verifikasi partai politik ini sangat lama,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan, verifikasi ini sangat lama namun pelaksanaan semua tahap harus maksimal dan sesuai tahapan yang ada.

“Memang lelah dan capek. Namun ini tugas kita, tugas bersama agar Pemilu 2024 berjalan sesuai tahapannya, ” ungkap Rusdi.

Rusdi juga berharap, dengan selesai rekapitulasi verifikaai faktual partai politik KPU Bangka Tengah apa yang diinginkan semuanya selesai diverifikasi baik di provinsi maupun pusat.

“Kita berharap bisa bertemu lagi sebagai peserta pemilu 2024. Karena habis ini ada pleno di provinsi dan pusat. Apalagi nanti ada uji publik. Kami berharap bapak ibu partai politik bisa selalu berkomunikasi dan bersilahturahmi dengan KPU,” harapnya.

Ditempat yang sama, Marhaendra Yuliansyah Komisioner KPU Bangka Tengah menjelaskan, dari 17 verifikasi partai politik, pihaknya lebih fokus pada sembilan partai politik baru.

“Jadi di Bangka Tengah ada 17 partai yang kita verifikasi dan kita fokus verifikasi 8 partai baru yang belum ada kursi di Pusat. Kalau partai lama ini kayak Golkar, PDIP, PKS dan lainnya yang ada kursi. Untuk yang belum seperti Partai Buruh, Partai Umat dan lainnya,” ucapnya kepada intrik.id.

“Kita sudah verifikasi awal, namun untuk pleno kali ini kita fokus ke 5 partai, karena 8 partai yang kita fokuskan, 3 diantaranya sudah terverifikasi dengan baik,” lanjutnya.

Diketahui, 17 partai yang diundang yaitu Perindo, Partai Umat, PSI, PPP, Nasdem, PKN, PKB, PKS, Golkar, Gerindra, Gelora, Garuda, Demokrat, PDIP, Partai Buruh, PBB dan PAN.

Dimana 5 partai yang diverifikasi hari ini yaitu, Partai Umat, PSI, PKN, Partai Garuda dan Partai Buruh yang dilakukan KPU dan Bawaslu yang pada hasil akhirnya dinyatakan memenuhi syarat sesuai verifikasi dan rekapitulasi.

Acara ditutup dengan penandatanganan Berita Acara hasil verifikasi faktual perbaikan kepengurusan dan keanggotaan partai Politik Tingkat Kabupaten/Kota calon peserta Pemilihan Umum tahun 2024 KPU Kabupaten Bangka Tengah yang menyatakan 17 partai politik sudah terverifikasi dengan baik di Bangka Tengah.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas