Awas, Algafry Siap Ganti Seluruh Camatnya

IMG 20221207 WA0007
Foto: Bupati

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman memberikan ultimatum kepada seluruh camat yang tidak bisa menangani permasalah stunting, Rabu (7/12/2022).

Dia menegaskan, apabila ada camat yang tidak mengenal dan mengetahui kondisi stunting di wilayahnya maka akan diganti.

“Saya sudah sampaikan berkali-kali, kalau sampai camat tidak mengenal kondisi stunting yang ada di desa-desanya, maka mohon izin akan saya ganti (copot-red),” tegasnya

Menurutnya, hal ini harus betul-betul menjadi prioritas untuk menyelesaikan perihal stunting yang merupakan program nasional ini.

“Ini adalah tugas kita semua sebagai pelaksana di lapangan dalam melayani masyatakat. Kalau tidak mau, maka tidak usah menjadi pejabat publik,” imbuhnya.

Menurutnya, Rumah Sakit dan Puskesmas menjadi andalan dalam menangani stunting. Bukan hanya perihal pengobatan, melainkan juga dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Memang saat ini (tingkat stunting-red) Bangka Tengah masih pada posisi belasan persen,” kata Algafry.

Namun, dari intervensi yang dilakukan, Algafry yakin, sedikit demi sedikit sampai 2023 mendatang, angka stunting di Bangka Tengah tinggal satu digit saja.

Lanjut dia, upaya ini terus dilakukan dengan melibatkan semua OPD. Pasalnya ini adalah tugas berat yang perlu dilakukan, termasuk mengidentifikasi dan mencegah hal-hal yang dapat memicu terjadinya stunting.

“Jujur saya akui, di Bangka Tengah, salah satu yang sedang kami kejar adalah perihal ODF,” terangnya.

ODF atau Open Defecation Free disebut juga dengan buang air besar sembarangan.

Algafry berujar, dari data ODF Bangka Tengah, diketahui bahwa saat ini Kecamatan Koba termasuk kategori ODF yang paling tinggi, terutama di Desa Kurau Barat dan Kurau Timur.

“Masalah kesehatan ini bukan hanya tugas Dinas Kesehatan saja. Inilah yang harus kita pahami bersama,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga turut menyoroti perihal Posyandu. Menurutnya, peran Posyandu sangat penting.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas