Awas! 5 Aplikasi Berbahaya Mengincar Perangkat Ponsel Anda, Segera Hapus

aplikasi

Aplikasi Berbahaya Mengincar Perangkat Ponsel – Google baru saja melarang empat aplikasi baru di PlayStore karena menyebarkan konten berbahaya di perangkat Android.

Seperti yang dilansir dari laman HT Times, Google Play Store merupakan toko yang dijaga ketat yang menjanjikan untuk selalu memindai semua aplikasi dan menawarkan pengguna pengalaman yang aman ketika mengunduh aplikasi terbaru.

Baca juga: Aplikasi Absensi Online Berbasis Android Gratis 2023, Praktis dan Paling Akurat!

Namun, peretas justru menemukan celah atau cara untuk menyematkan kode berbahaya ke dalam aplikasi mereka. Hal itu tentu akan membuat pengguna merugi ketika mengunduhnya. Google juga telah melaporkan aplikasi jahat baru-baru ini dan meminta pengguna untuk segera menghapusnya.

Ketersediaan berbagai macam aplikasi di Play Store bagi para pengguna HP Android jelas menjadi kemudahan tersendiri. Banyak dari aplikasi tersebut bisa digunakan untuk berbagai aktivitas digital, atau bahkan hanya sekadar hiburan semata.

Namun, Anda harus lebih berhati-hati saat ingin mengunduh aplikasi dari Google Play Store, contohnya seperti antivirus. Ada sejumlah aplikasi yang diam-diam menyusup ke handphone dan tanpa disadari bisa membahayakan data pribadi apalagi perbankan.

Dilaporkan Bleeping Computer pada Maret silam, NCC Group yang merupakan pengamat keamanan pertama kali menyingkap aplikasi yang seharusnya antivirus ternyata penyebar SharkBot trojan. Daftarnya adalah sebagai berikut ini:

Daftar Aplikasi Pembawa Virus Segera Kalian Hapus

  1. Antivirus, Super Cleaner
  2. Atom Clean-Booster, Antivirus,
  3. Alpha Antivirus, Cleaner
  4. Powerful Cleaner, Antivirus
  5. Dua aplikasi lainnya bernama sama yakni Center Security – Antivirus.

Setelah pelaporan detail kepada Google, akhirnya semua aplikasi ini disingkirkan dari Play Store pada 3 Maret-27 Maret. Akan tetapi, jika kamu sudah terlanjur menginstall aplikasi ini dan aplikasi ini masih ada di HP kamu, dianjurkan untuk segera menghapus aplikasi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Hal itu dikarenakan SharkBot di dalam aplikasi tersebut yang merupakan trojan perbankan yang menyerang aplikasi mobile banking, mirip seperti TeaBot, Flubot, dan Oscorp. Salah satu fiturnya yang paling signifikan adalah automatic transfer system (ATS) yang memungkinkan hacker untuk mentransfer uang dari rekening bank korban tanpa memerlukan interaksi manusia.

Dengan kata lain, fitur ATS yang ada di malware ini ditujukan untuk mengelabui sistem pendeteksi penipuan milik bank dengan mensimulasikan gerakan pengguna, seperti menekan tombol, klik, atau gestur, untuk menguras rekening mereka.

Untungnya, setelah pelaporan detail kepada Google, akhirnya semua aplikasi ini disingkirkan dari Play Store pada 3 Maret-27 Maret. Akan tetapi, jika kamu sudah terlanjur menginstall aplikasi ini dan aplikasi ini masih ada di HP kamu, dianjurkan untuk segera menghapus aplikasi tersebut untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Selain menghapus aplikasi, disarankan untuk segera mengganti password banking yang kamu gunakan di HP. Tidak ada salahnya melakukannya sebagai langkah antisipasi.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas