Anggi Siahaan: Akhir Tahun 2022, Program Reklamasi Laut PT Timah Capai 100 Persen

IMG 20221215 WA0051
Caption : Foto bawa laut salah satu artificial reef ditenggelamkan PT. Tina Tbk sudah dihuni ikan

PANGKALPINANG. INTRIK.ID – Salah satu bentuk komitmen PT. Timah Tbk menjaga ekosistem laut yakni reklamsi laut. Program ini dilakukan sesuai dengan pola pembangunan onshore dan offshore.

Metode jitu menjaga keseimbangan ekosistem laut meliputi penenggelaman artificial reef, membuat penahan abrasi, melakukan penanaman mangrove, melakukan pemantauan kualitas air, melakukan restocking cumi, dan restocking kepiting bakau.

Program reklamasi laut yang dilakukan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau ini dilaksanakan sesuai dengan rencana reklamasi perusahaan.

Memasuki akhir tahun 2022, TINS telah merampungkan 100 persen rencana reklamasi laut. TINS telah meneggelamkan 1.920 unit artificial reef di 11 lokasi di Pulau Bangka, melakukan restocking cumi sebanyak 20.000 ekor di Pulau Bangka dan melakukan pemantauan kualitas air.

Sedangkan di Pulau Karimun dan Kundur, TINS melakukan pemasangan 450 meter penahan abrasi, penanaman mangroce seluas 1,5 hektar, dan melakukan restocking kepiting bakau 1.400 ekor.

Humas PT . Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan akhir tahun 2022 program reklamasi laut capai 100 persen

“Rencana reklamasi tahun 2022 telah terealisasi 100 persen, reklamasi laut merupakan komitmen PT Timah Tbk sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut. penenggelaman artificial reef diharapkan menjadi tempat ikan berkembang biak dan diharapkan dapat menjadi wilayah tangkapan baru bagi nelayan,” ucapnya.

Masih kata Anggi Pelaksanaan reklamasi laut, TINS melibatkan civitas akademik dari Universitas Bangka Belitung ( UBB ) dan masyarakat sekitar.

“Reklamasi yang dilakukan PT Timah Tbk merupakan bentuk refleksi atas komitmen PT Timah Tbk dalam mengimplementasikan kaidah pertambangan yang baik. Reklamasi yang dilakukan merupakan bagian dari proses bisnis perusahaan yang akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Program reklamasi laut ini terlaksana juga melibatkan civitas UBB,” tutupnya.

Sumber : Humas PT. Timah Tbk.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas