Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Air Terjun Sekumpul Bali, Menyimpan Pesona Keindahan Alam Tersembunyi

323
×

Air Terjun Sekumpul Bali, Menyimpan Pesona Keindahan Alam Tersembunyi

Sebarkan artikel ini
air terjun sekumpul

Air Terjun Sekumpul Bali – Air Terjun Sekumpul Buleleng menjadi destinasi wisata alam yang hits dan populer di Bali dengan ketinggian 100 meter. Kabupaten Buleleng Bali menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena memiliki berbagai objek wisata yang meminat hati para pelancong.

Kabupaten ini dianugerahi dengan panorama alam yang begitu indah yang masih asri dan terjaga. Salah satu objek wisata yang paling hits dan populer di Buleleng Bali ini yaitu Air Terjun Sekumpul.

Baca juga: Pesona Candi Pawon, Objek Wisata Populer yang Kaya Akan Filosofis

Air terjun ini salah satu wisata alam paling indah yang ada di Pulau Dewata. Air terjun ini memiliki air yang sejuk dan dingin dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Tak jarang para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berbondong-bondong untuk mengunjungi objek wisata satu ini.

Bagi Anda yang sedang atau akan berlibur ke Pulau Dewata, Air Terjun Sekumpul menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Untuk selengkapnya, Anda dapat menyimak beberapa penjelasan mengenai Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali.

Lokasi & Rute Menuju Kawasan Air Terjun Sekumpul

Akses yang ditempuh untuk menuju kawasan wisata Air Terjun Sekumpul sangatlah beragam. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah maupun dari luar negeri yang menggunakan jalur udara, Anda akan transit di Bandar Udara Ngurah Rai. Untuk sampai ke objek wisata ini Anda harus menempuh perjalanan sepanjang 85 kilometer.

Anda akan menempuh perjalanan melalui beberapa daerah, yaitu Denpasar, Singaraja, Kuta, dan Buleleng. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi hamparan sawah yang hijau dan bangunan-bangunan khas Bali yang berjejer rapi dan terawat.

Untuk sampai ke Air Terjun Sekumpul, Anda dapat melewati Desa Sekumpul maupun melewati Desa lemukih. Jalan yang ditempuh untuk sampai ke objek wisata yaitu berupa jalan setapak yang berkelok-kelok dan tangga yang sedikit miring dan terjal. Anda harus ekstra hati-hati saat melewati jalan ini.

Akses jalan menuju Air Terjun Sekumpul sangatlah sulit. Sebab, air terjun ini terletak pada lokasi yang tersembunyi dan masuk ke dalam desa. Anda harus melewati sekitar 350 tangga untuk bisa sampai ke objek wisata.

Harga Tiket Masuk Kawasan Air Terjun

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun Sekumpul, Anda harus mengetahui terlebih dahulu harga tiket untuk memasuki kawasan objek wisata ini. Supaya Anda dapat menyiapkan berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk menikmati pemandangan di air terjun ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan indah Air Terjun Sekumpul, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 10.000 saja. Untuk wisatawan asing harga tiketnya lebih mahal yakni Rp 20.000. Namun, harga tiket ini hanya untuk menikmati pemandangan air terjun saja, jika ingin menikmati eksplorasi lebih maka akan dikenakan biaya khusus.

Untuk melakukan ekplorasi alam lebih dalam lagi, Anda harus melewati jalur khusus dan dipandu oleh pemandu wisata. Terdapat dua jenis trekking yang dapat Anda pilih, yaitu medium trekking dan long trekking. Medium trekking dikenakan biaya sebesar Rp 125.000, sedangkan untuk long trekking dibandrol dengan harga Rp 200.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemandu wisata.

Bagi Anda yang membawa kendaraan, Anda juga akan dikenakan biaya untuk menjaga keamanan. Parkir untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Objek Wisata Air Terjun Cantik di Buleleng Bali

Air Terjun Sekumpul menjadi objek wisata yang paling diincar oleh para pelancong. Seperti halnya namanya, air terjun ini merupakan sekumpulan air terjun yang berjumlah tujuh buah dan terletak berjauhan.

Masyarakat Bali biasa menyebutnya dengan air terjun pemuatan, sedangkan para wisatawan mancanegara biasa menyebutnya dengan seven points waterfall. Air terjun ini terletak tersembunyi di Kabupaten Buleleng dan harus melewati jalur yang cukup sulit.

Akses jalan yang sulit ini akan langsung terbalas saat melihat pemandangan air terjun yang begitu memukau. Anda akan disuguhi pesona surga dunia yang tak kalah indah dengan objek wisata lainnya yang terdapat di Pulau Bali.

Air terjun ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri. Dari tujuh buah air terjun, terdapat dua buah air terjun yang letaknya saling berdekatan. Kedua air terjun ini memiliki debit air dan ketinggian yang berbeda. Selain itu, kedua air terjun ini juga bersumber dari aliran yang berbeda.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sekumpul Buleleng

Meskipun telah menjadi objek wisata yang terkenal sampai ke mancanegara, kawasan Air Terjun masih minim akan fasilitasnya. Para pengelola wisata hanya menyediakan fasilitas buatan berupa musholla, toilet bersih, serta area parkir yang luas.

Terdapat pula beberapa gazebo yang dibangun di pinggir kawasan air terjun. Gazebo ini dibangun sebagai tempat istirahat para wisatawan. Gazebo ini juga dapat digunakan untuk menyimpan keperluan dan kebutuhan para wisatawan agar tidak hilang.

Pengelola objek wisata Air Terjun Sekumpul juga menyediakan jalur trekking bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi kawasan ini lebih dalam. Terdapat 2 jalur trekking yang disediakan yaitu medium trekking dan long trekking. Jalur trekking ini akan membawa Anda ke air terjun lainnya yang tak kalah indah.

Untuk melewati jalur trekking ini, Anda juga akan didampingi oleh pemandu wisata. Pemandu wisata akan menunjukkan jalan agar tidak tersesat dalam perjalanan. Pemandu wisata juga akan menjelaskan objek-objek wisata yang terdapat di trek tersebut.