Ridwan Djamaluddin Sebut Tiga Parameter Kunci Negeri Maju

IMG 20221119 WA0011

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin menyebut ada tiga parameter kunci agar suatu negeri maju.

Hal itu disampaikannya pada kegiatan Bangka Political Issues (BPI) dengan tema “Peran Pemuda, Pemimpin Bangka Belitung dalam Mengakselerasi Pengelolaan dan Kebermanfaatan Sumber Daya Alam Bangka Belitung”, bertempat di Pia Hotel, Sabtu (19/11/2022).

“Saya dulu kerja di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), sehingga basic-nya teknologi. Kami berkeyakinan bahwa jika negeri ini mau maju, ada tiga parameter kunci yang harus kita kelola, yakni Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) dan Iptek,” ujarnya.

“Seperti dari tahun berapa hingga sekarang, timah masih dijual mentah. Nah, sekarang sudah diharuskan menjualnya dalam keadaan sudah diolah, lalu mengolahnya ini tentu memanfaatkan teknologi,” ujarnya.

Contoh lainnya, kata dia, dulu Indonesia sebagai eksportir minyak mentah, kini malah menjadi importir. Maka dari itu, diperlukan pengelolaan tiga parameter tersebut.

“Jadi, yang bisa kita lakukan, SDA-nya kita syukuri, kemudian SDM dan Ipteknya jangan dilupakan,” katanya.

Ia juga berpesan kepada para generasi muda untuk tetap kritis, memberi saran kepada pemerintah, serta mau diajak dialog interaktif demi kemajuan Babel. (*/red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas