PT Timah Aktifkan Kembali Destinasi Wisata Bangka Island Outdoor

IMG 20221117 WA0001
Caption: Suasana Sosialisasi destinasi wisata Bangka Island Outdoor ( BIO )

BANGKA . RIAU SILIP. INTRIK.ID – Sudah lama tidak difungsikan Bangka Island Outdoor (BIO) di Dusun Air Antu, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, PT. Timah TBK akan Mengaktifkan kembali sebagai Pusat pembelajaran dan pengembangan sumberdaya manusia. Rencana tersebut disampaikan saat sosialisasi kepada masyarakat sekitar bertempat di Gazebo Kampung Melayu BIO, Kamis (17/11/2022).

Rencana dimaksud mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan, seperti disampaikan Camat Riau Silip, M. Yasir Mustaf.

“Sudah sangat bagus sekali apa yang dilakukan oleh PT Timah ini, dengan melakukan sosialisasi serta bermediasi dengan para warga yang lahannya berada di wilayah konsesi yang terdampak dengan adanya pembangunan kawasan BIO tersebut. Kami dari pihak Kecamatan sangat mendukung sekali, apalagi kondisinya sekarang sudah sangat bagus dan indah sekali. Ditambah lagi dengan berakhirnya kondisi Covid 19 yang melanda, antusias masyarakat untuk berwisata itu sangat tinggi sekali,” kata Yasir.

Ia berharap, dengan diaktifkannya kembali BIO ini dapat mendorong pengembangan sektor pariwisata di kawasan ini.

“Saya takjub sekali melihat perkembangan BIO sekarang, karena pada tahun 2000an saya pernah berkunjung ke sini, namun kondisinya sangat memprihatinkan dan juga menakutkan,” ungkap Yasir.

Menurut Yasir, dengan diaktifkannya kembali BIO juga tidak akan menggangu aktivitas masyarakat.

“Selain itu dengan adanya pengaktifan BIO ini sama sekali tidak menggangu aktifitas masyarakat, seperti contoh masyarakat Nelayan mau melaut ataupun Petani mau ke kebun, ya silahkan. Berbeda halnya dengan perusahaan – perusahaan yang lain, akses – aksesnya malah ditutup. Lain halnya dengan PT Timah, malah akses jalannya jadi lebih bagus, fasilitas untuk para Nelayan berupa tambatan perahu di kasih. Itu sangat luar biasa, dan artinya ini sangat menguntungkan masyarakat.
Kami berharap masyarakat mendukung program ini, karena potensinya sangat bagus untuk perekonomian masyarakat sekitar. Dan yang terpenting masyarakat kami tidak dirugikan,” ujarnya.

Kepala KPHP Bubus Panca Ruswanda mengatakan sosialisasi ini menjadi wadah menyampaikan bahwa PT Timah Tbk telah memiliki izin dari Kementerian untuk pinjam pakai kawasan tersebut.

“Selaku pemangku kawasan hutan kami sangat bersyukur dengan adanya pihak – pihak tertentu yang telah sesuai aturan perundangn -undangannya, sehingga dapat mengelola kawasan hutan. Tetapi dalam hal pengelolaan ini haruslah mengikuti regulasi yang ada dan tidak mengenyampingkan hak – hak yang ada didalamnya. Apakah itu ada hak masyarakat yang berusaha didalamnya itu, apakah itu masih sebatas diluar perizinan atau lain sebagainya,” jelasnya.

Selain itu Ruswanda menyampaikan izin diberikan kepada PT Timah Tbk dapat mengakomodir kepentingan masyarakat.

“Oleh sebab itu jika ada complain dari masyarakat hendaknya disatukan persepsinya dengan masyarakat sehingga apa yang direncanakan dapat berjalan sesuai rencana.Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PT timah yang telah mengelola kawasan hutan ini, karena saya sangat tergugah, sehingga kedepan memberikan nuansa yang bagus, pemandangan yang indah dan tentunya berdampak ekonomi bagi masyarakat sekitar,” terangnya.

BIO akan menjadi kawasan wisata baru yang akan memiliki daya tarik wisata bagi masyarakat.

“Wilayah BIO ini bisa menjadi suatu ajang wisata dan juga ajang untuk mengedukasi masyarakat yang ada di Kepulauan Bangka Belitung yang berdampak positif pada investasi daerah,” sebut Ruswanda.

Sumber: Humas PT Timah Tbk.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas