Scroll untuk baca artikel
Provinsi Bangka Belitung

Kembali Tinjau TPI PP, Ridwan Djamaluddin Sebut Tiga Hal Ini

194
×

Kembali Tinjau TPI PP, Ridwan Djamaluddin Sebut Tiga Hal Ini

Sebarkan artikel ini
IMG 20221116 WA0007

INTRIK.ID, BANGKA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin kembali memantau operasionalisasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan (PP) Pantai Muara Sungai Baturusa Ketapang, Rabu (16/11/2022).

Pada kesempatan ini, Ridwan Djamaluddin mengatakan telah ada kemajuan dari kunjungannya beberapa waktu yang lalu.

“Kemajuan sudah ada, baik yang sudah dilakukan oleh Pemprov, stakeholders ataupun kerja sama kita dengan Pemkot. Walaupun memang belum sepenuhnya sempurna, kita terus berproses ke arah yang lebih baik,” ungkapnya.

TPI PP Pantai Muara Sungai Baturusa Ketapang sebagai pusat perikanan dikatakannya standardnya harus bagus, sehingga dana yang dialokasikan untuk pembangunan tempat ini juga bermanfaat dengan maksimal.

“Namun tiga hal penting utama yang masih harus kita benahi yakni pertama ketersediaan air, baik air tawar maupun air asin mau kita pastikan ada, kedua pengelolaan sampah dan yang terakhir perbaikan akses jalan sehingga memadai untuk dilalui,” ujarnya.

Termasuk TPI lama, kata dia, areal dan bangunan TPI lama akan direnovasi agar bisa kembali dimanfaatkan salah satunya direncanakan menjadi lokasi pasar induk.

“Tapi Ini nanti akan kita koordinasikan bersama Pemkot Pangkalpinang. Karena, keberadaan pasar induk ini penting,” katanya.

Hal lain yang terus ditekankan Ridwan yakni masalah kebersihan. Dirinya terus mengajak semua pihak untuk aware dan berpartisipasi menjaga kebersihan TPI dan area sekitar serta menaati aturan yang telah ditetapkan.

“Kita upayakan dan kita terus edukasi masyarakat agar berpartisipasi menjaga kebersihan. Kita (Pemprov) sudah turun mulai dari gotong royong membersihkan areal TPI dengan melibatkan instansi terkait, pelajar, hingga masyarakat di sini. Sehingga penjual maupun pembeli dan yang berkegiatan di sini merasa lebih aman dan nyaman. Kebersihan dan keteraturan ini akan menjadi citra tempat ini, mengingat ikan di sini banyak yang di ekspor,” ujarnya.

“Jadi mari kita bersama dengan masyarakat, sama-sama membangun citra positif Bangka Belitung dimulai dari lokasi yang ada di sekitar kita,” pungkasnya. (*/red)