Inilah 3 Cara Super Mudah Membuat Cover Wattpad yang Aesthetic

cover wattpad

Untuk yang menjadikan menulis sebagai hobi, mungkin kamu punya keinginan untuk membagikan karya cerpen hingga novel buatanmu. Saat ini, sudah ada Wattpad yang bisa dijadikan platform untuk menerbitkan karyamu tersebut. Selama sudah mendaftar menjadi user-nya, kamu bisa mengakses dan membaca banyak cerita yang diunggah di sana.

Bagi yang mau mengunggah cerita, kamu perlu menyiapkan cover Wattpad untuk seri cerita dan novel yang akan di-upload. Kehadiran desain ini bisa menjadi tombak awal untuk menarik perhatian calon pembaca. Maka dari itu, ada hal yang perlu diperhatikan untuk membuat rancangan yang menarik.

Baca jugta: 4 Tips untuk Menciptakan Desain Website Keren dan Efektif

Hal Penting dalam Membuat Cover Wattpad

Sebelum memulai mendesain, kamu perlu mengetahui beberapa aspek penting. Mulai dari genre cerita, karakter, hingga efek editing lainnya. Apabila kamu mampu mengombinasikan dengan tepat dan memadukan secara kreatif, hasil akhirnya tentu tidak akan mengecewakan.

1. Ukuran cover Wattpad

Di tahap awal, kamu perlu tahu Wattpad cover size-nya. Meski sama-sama menggunakan istilah cover, ukurannya tidak bisa asal disamakan dengan yang ada di Facebook maupun header Twitter. Ukuran yang disarankan adalah 256 x 400 dan kelipatannya. Bisa juga 512 x 800 pixels ataupun dibuat menjadi 768 x 1200 pixels.

Semakin besar pixels-nya, kualitas desainnya akan lebih HD dan tidak pecah-pecah. Tapi kamu juga perlu tahu jika platform seperti ini juga memiliki ukuran maksimal untuk file-nya. Tapi tidak apa-apa dan kamu tetap bisa melanjutkan mendesain dengan piksel yang tinggi. Apabila ukurannya terlalu besar, tinggal di-compress menyesuaikan dengan size maksimumnya.

2. Kombinasi antara genre dan karakter

Setelah mengetahui Wattpad cover size yang direkomendasikan dan disarankan, kamu bisa mulai brainstorming untuk menggodok konsep desainnya. Supaya tidak hilang arah, kamu bisa mengombinasikan dengan genre tulisan sekaligus karakter utama ceritanya.

Kamu bisa mencari referensi dari banyak sumber, salah satu contohnya adalah Pinterest. Kamu bisa memasukkan kata kunci cover Wattpad di kolom pencarian. Setelah itu, akan muncul banyak pilihan mulai dari yang simpel hingga yang didominasi dengan grafis lainnya.

Kamu juga masih bisa mencari inspirasi dari situs yang lain. Sebut saja WeHeartIt, Tumblr, bahkan dari kolom explore Instagram milikmu. Jika meluangkan waktu khusus untuk mencari ide, kamu pasti akan mendapatkan banyak sumber dan bisa memilih mana yang sesuai dengan preferensi, genre, dan desainnya.

3. Kualitas dan filter

Untuk yang sudah familiar dengan desain, selain menyesuaikan dengan ukuran cover Wattpad kamu juga perlu mempertimbangkan filter dan kualitas foto. Semakin tinggi pikselnya dan high definition, hasil editanmu juga akan semakin berkualitas.

Bila ingin mempermanis hasil editan, kamu juga bisa mengatur filter dan aspek setting lainnya. Mulai dari overlay, saturation, dan detail lainnya bisa kamu utak-atik dan diubah levelnya supaya bisa menyesuakan dengan warna dan detail lainnya. Cara ini bisa menjadi bumbu pelengkap mudah untuk menambah kesan dramatis dari cover yang mewakili isi ceritanya.

Aplikasi untuk Mendesain Cover Wattpad

1. Canva

Untuk yang tidak terlalu menguasai program editing, Canva bisa dijadikan sebagai andalan untuk membuat desain cover Wattpad. Tinggal buat akun dengan mendaftarkan email, kamu bisa mengakses situs ini dengan mudah. Di kolom pencarian, tinggal ketikkan Wattpad book cover dan akan langsung diarahkan ke pilihan template yang ada.

Kamu tinggal memilih desain mana yang sesuai dengan novel garapanmu. Teks dan images-nya pun bisa diedit dan disesuaikan dengan konsep awalmu. Selain bisa diakses di laptop dan PC sembari online melalui browser dan aplikasi, kamu bisa mengeditnya melalui apps di handphone.

2. PicsArt

Bagi yang lebih suka melakukan proses pengeditan di handphone, wajib untuk menginstal dan mengoperasikan PicsArt. Editing apps terbilang mudah untuk diutak-atik karena memiliki interface yang sederhana dan tidak membingungkan. Kamu bisa mengatur ukuran pixel dengan mudah bahkan menggabungkan teks dengan gambar dalam beberapa klik.

Setelah proses pembuatan cover Wattpad rampung, kamu bisa tinggal save dan secara otomatis tersimpan di galeri. Jika di handphone-mu juga sudah terpasang aplikasi Wattpad, bisa langsung di-upload tanpa perlu mengekspornya dan mengunggahnya via website.

3. Photoshop

Bagi yang sudah ahli dan lihai mengedit, memaksimalkan Photoshop untuk mendesain cover Wattpad mungkin bisa dilakukan sambil menutup mata. Setelah menemukan ide dan referensi design-nya, kamu bisa langsung mengatur Wattpad cover size sesuai dengan pixels yang disarankan.

Setelah itu, kamu bisa dengan leluasa memilih jenis font, overlay, hingga efek yang sesuai dengan konsep rancanganmu sebelumnya. Jangan lupa untuk menyimpan file-nya agar bisa dirombak sewaktu-waktu jika memang dibutuhkan tanpa perlu mulai mengedit dari awal.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas