Dindukcapil Bateng Dapat Penghargaan Dari Pemprov Babel

IMG 20221122 WA0007
Foto: Pj Gubernur Babel saat memberikan penghargaan kepada kepala disdukcapil Bateng. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Bangka Tengah (Dindukcapil Bateng) mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) kategori perekaman E-KTP terbanyak se-Babel.

Penghargaan itu diberikan Penanggung Jawab (PJ) Gubernur kepada Kepala Dindukcapil Bateng Julhasnan di halaman kantor Gubernur Babel, Senin (21/11/2022) di momen ulang tahun Provinsi Kep. Babel.

Julhasnan selaku Kepala Dindukcapil Bateng mengatakan, ada 7 kategori yang dapat penghargaan dan semua Dindukcapil di Bangka Belitung dapat penghargaan.

“Bangka Tengah sendiri dapat penghargaan kategori Perekaman Terbanyak tahun 2022. Ada juga kategori pelayanan terbaik,” ucapnya kepda intrik.id di Koba, Selasa (22/11/2022).

Ia mengungkapkan, penilaian ini dilihat dari berapa banyak persentase perekaman per NIK yang dilakukan oleh Dindukcapil.

“Jadi angka perekaman kita sampai 105%. Hal itu terjadi karena perekaman kita di wajib E-KTP sekitar 98% dan perekaman akan wajib KTP atau perekaman dulu untuk anak umur akan 17 tahun di pemilu nantinya sudah direkam sekitar 7%. Jadi kami melebihi 105%,” ungkapnya.

Julhasnan menjelaskan, hal ini bukan masalah politis atau pemilihan umum, tapi memudahkan masyarakat dalam pelayanan Dindukcapil karena saat anak sudah mencapai 17 tahun ia perlu KTP wajib.

“Kalau udah rekam dulu, pas umur 17 tahun gak perlu rekam. Bisa langsung di cetak KTP karena sudah wajib KTP. Ini bentuk pelayanan terbaik tentunya untuk masyarakat. Mereka perlu identitas itu seperti buat sim dan lainnya,” jelas sembari menunjukan data perekaman.

“Jadi strategi kita bisa dapat penghargaan ya itu, kita sudah rekam dulu anak yang akan 17 tahun pas pemilu atau kelahiran anak 2008-2007 dan kita lakukan setiap tahun bisa 1 kali atau 2 kali karena alatnya minjem di Provinsi dan gantian. Jadi kita rekam lagi tahun depan,” lanjutnya.

Pak Jul (sapaan akrabnya) menyebutlan, terget perekaman Nasional ialah 100% namun pihaknya mampu melebihi target nasional.

“Kita juga kaget bisa melebihi 105%. Mungkin karena kita juga jemput bola dan memudahkan masyarakat jadi antusiasnya tinggi. Bahkan ada satu aekolah minta 2 hari untuk merekam muridnya,” ucapnya.

Pak jul juga mengungkapkan, pihak ya sudah beberapa kali dapat penghargaan ini karena penilaian ini dilkukan setiap tahun.

“Beberapa tahun lalu laptop, ada kamera juga. Kalau tahun ini gak tau hadiahnya,” ungkapnya.

Julhasnan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yg membantu tercapai perekaman tertinggi se Bangka Belitung terutama kepada pak Bupati dan TAPD yang penganggarannya berpihak kepada pelayanan publik. khususnya pelayanan dukcapil.

“Ucapan terima kasih sebesarnya serta maaf untuk Bupati Bangka Tengah Masyarakat, Tim Dindukcapil Bangka Tengah, Juga kepada DP3ACSKB Prov. Kep. Babel yg membantu peminjaman alat perekaman KTP-EL Mobile selama dua bulan terakhir, juga kepada tim teknis pelayanan jemput Bola Dukcapil Bangka Tengah yg sudah ke desa-desa dan ke Sekolah-sekolah sesuai jadwal melaksanakan perekaman ktp-el secara Online dan para Kades serta Para kepala sekolah yg mendukung kerjasama dengan Dukcapil selama ini, ” tutupnya.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas