Scroll untuk baca artikel
Bangka Tengah

Dapat Hibah Lahan di Eks PT Koba Tin, BAZNAS Bateng Akan Bangun Rumah Sehat

266
×

Dapat Hibah Lahan di Eks PT Koba Tin, BAZNAS Bateng Akan Bangun Rumah Sehat

Sebarkan artikel ini

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) akan membangun Klinik Rumah Sehat BAZNAS di areal eks PT. Kobatin, Kelurahan Padang Mulya, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) demi memberi akses kesehatan gratis kepada masyarakat.

Pembangunan Rumah Sehat BAZNAS Bangka Tengah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bateng dengan ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Bateng.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan pihaknya menyediakan lahan untuk klinik Rumah Sehat BAZNAS dengan luas 7500 m² atau 3/4 Hektare, tepatnya di areal eks PT. Kobatin Kelurahan Padang Mulya.

“Alhamdulillah, insyaallah di tahun 2023 mendatang BAZNAS akan membangun klinik rumah sehat, yang mana masyarakat bisa berobat gratis di sana tapi bagi warga yang kurang mampu dan akan kita bangun di areal eks PT.Kobatin. Untuk yang mampu, bayar jasa dokter saja, obatnya gratis,” ujarnya kepada intrik.id di Koba, Kamis (3/10/2022)

Ia mengatakan saat ini areal tersebut sudah dibersihkan oleh pihak BAZNAS dan pihaknya sudah menghibahkan tanah di areal eks PT. KOBATIN untuk BAZNAS membangun rumah sehat gratis.

“Nanti di sana akan ada dua dokter umum dan kita upayakan juga dokter gigi agar masyarakat Bangka Tengah, khususnya yang ada di Kelurahan Padang Mulya dan sekitarnya bisa berobat gratis,” tuturnya.

Ia menuturkan pembangunan Rumah Sehat ini mendapatkan dukungan langsung dari BAZNAS Pusat.

“Selain kita diberi satu unit mobil gratis, insyaallah dapat kucuran dana juga dari BAZNAS Pusat untuk membangun rumah sehat, yang mana di lahan eks Kobatin ini akan kita bangun juga perpustakaan, SKB, Kampus dan pantai di sana akan kita perbaiki kerjasama dengan pihak ketiga,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional, H Hasyim Sya’roni mengatakan, pihaknya sudah membuat surat hibah tanah serta mengajak beberapa instansi untuk bergotong royong membangun Klinik Rumah Sehat Baznas ini.

“Jadi ini program pusat, namun kita cuma sediakan gedung dan prasarana saja. Dananya nanti dari Infaq dan shodaqoh, serta beberapa instansi terkait,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, untuk awal biaya operasional akan ditanggung oleh BAZNAS Pusat. Bahkan dana yang disiapkan sampai Rp 500 juta untuk pembangunan Klinik Rumah Sehat Tersebut.

“Kalau sudah mandiri barulah kita tanggung sendiri. Namun untuk bangunan tetep dari kita Mudah-mudah tahun depan sudah rangkum semuanya,” jelas Ketua Baznas tersebut.

“Program ini gak semua BAZNAS ada, hanya bersifat himbauan dan bagi BAZNAS yang mampu menjalankan. Jadi kita patut bangga kalau kita mampu dengan baik menjalankan amanah ini,” tutupnya.(Erwin)