Belajar Tentang Sejarah Pertambangan Timah, SD 01 Riau Silip Kunjungi MTI

IMG 20221120 WA0002
Caption ; Sejumlah murid SD 01 Riau Silip saat berada dalam ruangan MTI

PANGKALPINANG. INTRIK.ID – Museum Timah Indonesia (MTI) Kota Pangkalpinang menjadi salah satu destinasi wisata bagi yang berkunjung ke Pulau Bangka.

Sebagai destinasi wisata sejarah, MTI Pangkalpinang tidak hanya dikunjungi wisatawan tapi juga para pelajar. Seperti yang dilakukan pelajar dari SD Negeri 01 Riau Silip yang mengunjungi MTI Pangkalpinang, Sabtu (19/11/2022).

Kepala Sekolah SD Negeri 01 Riau Silip Idris menyampaikan, Kunjungan Ke Museum Timah ini sebagai wahana pembelajaran para siswa untuk mengenalkan kekayaan alam yang ada di Bangka Belitung.

“Kunjungan ini sebagai sarana belajar di luar sekolah serta untuk menyesuaikan kurikulum baru salah satunya tentang Penguatan Pancasila dan menambah wawasan bagi siswa siswi untuk mengetahui sejarah tentang penambangan Timah di Indonesia,” katanya.

Diakuinya, tidak semua siswa-siswi mengetahui tentang Timah yang berasal dari Pulau Bangka, untuk itu melalui kunjungan ini para sekolah mengajak para siswa untuk mengenal sejarah timah di Bangka Belitung.

Idris menjelaskan, di MTI Pangkalpinang para siswa bisa mengenal beragam peralatan untuk untuk penggalian timah dari waktu ke waktu. Selain itu, siswa juga melihat berbagai macam alat penambangan timah dari masa ke masa.

“Disini para siswa siswi diberikan pemahaman apa itu Kapal Keruk ( KK) , apa itu Kapal Isap Produksi ( KIP) dan bagaimana cara kerjanya dan lain-lain, sehingga diharapkan anak-anak dari pulau Bangka ini dapat mengenal sejarah Timah yang hingga saat ini masih terus ditambang,” ujarnya.

Rafleo ( 9 ) salah satu siswa mengungkapkan bahwa senang bisa datang ke Museum Timah dan dapat mengetahui sejarah tentang Timah yang ada di pulau Bangka.

“Saya senang sekali dapat datang ke Museum ini, dan sekarang tahu tentang sejarah Timah dan berbagai peralatan penggalian yang digunakan untuk mencari timah,” ujarnya.

Sumber : Humas PT. Timah TBK.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas