Algafry: Organisasi Bukan Untuk Gaya-gayaan

IMG 20221130 WA0017
Foto: Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat foto bersama dengan para peserta. (Erwin)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sebanyak 32 organisasi kemasyarakatan mengikuti pelatihan dan pemberdayaan organisasi berkelanjutan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Bangka Tengah (Bakesbangpol Bateng) di Hotel Grand Vella Pangkalan Baru, Rabu (30/11/2022).

Setidaknya 75 orang hadir mulai dari kelompok peduli lingkungan hingga kelompok sadar wisata yang terdaftar di Kesbangpol Bangka Tengah dan berbadan hukum.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman saat hadir dalam kegiatan itu mengatakan tidak mudah menjalankan organisasi terlebih lagi jika tidak menjiwai.

“Berorganisasi itu tidak dapat apa-apa, capek. Tapi jika kita menjiwai sebuah organisasi, kita akan membuat barometer dan harapan orang lain. Istilahnya gak ada loe gak rame. Itu hal penting menjiwai organisasi,” ungkap orang nomor satu di Bangka Tengah tersebut.

Ia menegaskan, semua peserta yang hadir bukan hanya sekedar ikut organisasi saja namun bisa memgembangkan pola-pola untuk mengajak masyarakat lebih maju.

“Buat pola dan program yang membuat masyarakat maju bukan hanya sekedar ormasnya dan keberadaannya sekedar ada. Namun perannya ada dan terlihat dengan gagasan yang terbaik,” tegas orang yang biasa disapa Bang Ayi.

“Maksud saya dalam berorganisasi harus serius, bermanfaat bagi orang lain dan membantu orang lain,” lanjutnya.

Algafry juga berpesan, organisasi bukan untuk gaya-gayaan atau sekedar menampilkan nama saja, namun untuk kepentingan bersama.

“Kita berorganisasi bukan hanya sekedar nama diatas kertas, namun untuk membangun kepentingan bersama,” himbaunya.

Ditempat yang sama, Kepala Bakesbangpol Bangka Tengah Samsul Komar mengatakan, pembinaan ini dilakukan untuk mempererat silahturahmi serta mempererat komunikasi dengan semua organisasi masyarakat yang ada di Bangka Tengah.

“Jadi kami ingin mewujudkan organisasi kemasyarakatan yang aktif, mandiri dan produktif melalui pembinaan dan pemberdayaan yang berkelanjutan untuk pembangun Bangka Tengah yang lebih unggul pastinya,” ucapnya kepada intrik.id.

Samsul Komar juga menegaskan, pihaknya akan selalu merangkul organisasi masyarakat yang ada di Bangka Tengah dengan baik melalui pembinaan ini.

“Intinya kami ingin melakukan silahturahmi dan komunikasi yang baik kepada ormas-ormas yang ada di Bangka Tengah ini agar kita punya satu visi untuk membangun Bangka Tengah lebih unggul,” terangnya.

Samsul berharap, pembinaan ini dapat menjadi wadah penampung aspirasi masyarakat dan mitra yang bersinergi dengan pemerintah kabupaten Bangka Tengah.

“Dengan pembinaan ini kita berharap ada hubungan yang berkelanjutan antara pemerintah kabupaten Bangka Tengah dan ormas-ormas di Bangka Tengah dan kamipun bisa menampung aspirasi-aspirasi dari masyarakat melalui ormas-ormas yang ada,” tutupnya. (Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas