Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

4 Cara Optimasi SEO Website Agar Top Rank di Google, Lengkap!

313
×

4 Cara Optimasi SEO Website Agar Top Rank di Google, Lengkap!

Sebarkan artikel ini
optimasi seo

Cara Optimasi SEO Website Agar Top Rank – Salah satu tips agar traffic website meningkat adalah menerapkan cara optimasi keyword. Keyword ranking (yang berarti situs masuk peringkat di mesin pencari untuk kata kunci tertentu) memiliki dampak besar pada traffic sebuah website.

Kebanyakan pemilik website memiliki pertanyaan seputar bagaimana meningkatkan peringkat kata kunci seperti, “Bagaimana agar situs saya bisa masuk peringkat untuk kata kunci yang saya targetkan?” atau “Kata kunci apa yang masuk peringkat di Google untuk situs saya? Untuk itu, kamu harus tahu cara optimasi keyword di website dengan tepat.

Baca juga: Inilah 5 Tips Membuat Usaha Anda Viral di TikTok, Dijamin Sukses!

Tool untuk keyword ranking bisa menjawab pertanyaan tersebut. Tapi yang dibutuhkan adalah masuk peringkat lebih tinggi dan berada di urutan atas, melebihi situs para kompetitor. Peringkat kata kunci yang lebih tinggi bisa diperoleh dengan research tool untuk kata kunci. Berikut informasi penting tentang cara optimasi keyword yang bisa kamu simak.

1. Gunakan Tools Riset Kata Kunci

Cara optimasi keyword yang pertama adalah memanfaatkan tools riset sebaik mungkin. Bila ingin melacak peringkat kata kunci di mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo, pastikan kamu fokus pada keyword yang tepat. Sering kali orang terlalu mengandalkan keyword suggestion tool dari pihak ketiga. Masalah dengan tool dari pihak ketiga ini adalah tidak dipersonalisasi. Tool ini memberikan kata kunci populer yang umum ke siapa saja, jadi kamu tidak tahu bagaimana relevansinya pada bisnis.

Solusinya adalah membuat daftar kata kunci berdasarkan pada data yang nyata dan bersifat pribadi. Dengan menggunakan wordstream untuk riset kata kunci, kamu bisa peroleh database kata kunci yang privat, personal, ekstensif, akurat, dan relevan.

2. Optimasi Kata Kunci

Cara selanjutnya adalah melakukan optimasi keyword di website. Berikut bagaimana kamu bisa mengoptimasi sebuah halaman untuk kata kunci tertentu dan meningkatkan peringkat dengan cara efisien dengan menghindari kesalahan over optimasi.

3. Perhatikan On-Page SEO

Cara optimasi keyword di website agar masuk peringkat Google adalah memperbaiki sisi on-page SEO. On Page SEO adalah rangkaian proses atau cara untuk mengoptimasi SEO website dari sisi konten di dalamnya. Setelah memiliki ekspektasi yang realistis, kamu bisa mulai melakukan langkah nyata. On-page SEO  jadi titik permulaannya, khususnya:

  • Judul halaman

Sertakan kata kunci target atau variasinya pada judul halaman, tapi jangan berlebihan. Menyebutkan kata kunci dengan cara natural pada judul sudah cukup.

  • Deskripsi halaman

Google bisa memilih untuk tidak menunjukkan deskripsi kamu pada SERP, tapi menyediakan deskripsi untuk tiap halaman website kamu tetap jadi hal yang penting dilakukan, terutama halaman yang ingin kamu masukkan ke peringkat yang lebih tinggi.

  • Variasi Kata Kunci

Secara akurat deskripsikan konten halaman dan sertakan variasi dari kata kunci target.

  • Tag H1

Review kode HTML (buka halaman, pergi ke “View source” dan cari H1). Pastikan halaman kam hanya memiliki satu set tag H1. Tag H1 tidak sama persis dengan tag judul halaman, tapi harus mengandung variasi kata kunci target.

  • Konten Halaman

Di tahun 2011, kepala ranking team Google menerbitkan penjelasan tentang apa saja kriteria website kualitas tinggi. Ini jadi dokumen paling penting ketika bicara tentang SEO karena menjelaskan apa yang Google cari ketika menilai halaman. Hal seperti kualitas konten, orisinalitas, formatting, analisis mendalam, presentasi, dan author trust memilki peran penting.

4. Optimasi Off Page SEO

Sejauh ini semua langkah berhubungan dengan perubahan yang bisa kamu buat pada website, tapi jangan lupakan peran dari off page SEO. Cara optimasi keyword untuk website perlu memperhatikan dari sisi off-page SEO. Bergantung bagaimana kompetitifnya kata kunci kamu, kamu harus berhati-hati membangun beberapa link eksternal ke halaman kamu.

Identifikasi website yang relevan dan terpercaya untuk menjadi link. Tidak perlu mengoptimasinya karena tidak seperti internal link, link eksternal tidak menggunakan anchor text berisi kata kunci.

Tujuan kamu bukan untuk membuat Google bingung dan membuatnya percaya kalau kamu berusaha mengelabui sistem dengan membangun link buatan, tapi agar menjadi terorganisir dan kamu menambahkan nilai pada konten situs lain.