Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Torehkan Prestasi, TPA Nur Ilmi Wonosari Raih Dua Piala Sekaligus di Hari Santri Nasional 2022

3835
×

Torehkan Prestasi, TPA Nur Ilmi Wonosari Raih Dua Piala Sekaligus di Hari Santri Nasional 2022

Sebarkan artikel ini
IMG 20221023 WA0015

INTRIK.ID, BANYUASIN — Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Nur Ilmi Desa Wonosari, Kecamatan Pulau Rimau, Provinsi Sumatera Selatan berhasil meraih dua piala sekaligus dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Sumber Mulyo itu diikuti puluhan TPA se-Kecematan Pulau Rimau dan Kecamatan Selat Penogoan.

IMG 20221023 WA0016

Salah satu pengajar TPA Nur Ilmi, Syarif Hidayatullah mengatakan jika para santrinya berhasil memenangkan perlombaan dalam dua kategori.

“Alhamdulillah anak-anak santri TPA Nur Ilmi mendapatkan juara ke-3 kategori Dinul Islam, dan juara ke-2 kategori pawai karnaval,” kata Syarif, Minggu (23/10/2022).

Namun demikian, ia meminta agar para santri tidak cepat puas atas capaian tersebut.

“Apa yang telah diraih hendaknya dapat menjadikan semangat bagi para santri untuk tetap belajar ke depannya,” pintanya.

“Kami berharap di kegiatan-kegiatan selanjutnya dapat kembali meraih juara di berbagai kategori,” harapnya.

Selain mengenakan pakaian berwarna merah, kain sarung berwarna hitam, serta ornamen lainnya, para santri juga memegang berbagai tulisan kaligrafi hasil karya tangan dan selogan-selogan yang menginspirasi serta memperkuat ciri khas sebagai seorang santri.

Salah satu tulisan yang paling menonjol yaitu “Santri Kampung”, yang memiliki makna filosofis penting; meskipun santri berasal dari kampung tapi tidak kampungan. Wawasan atau penguasaan ilmu agama dan pengetahuan pada ilmu-ilmu umum lainnya juga sama cakapnya dengan santri-santri lainnya yang ada di kota-kota besar. Bermodal kecakapan tersebut santri kampung dapat bersaing dengan dunia luar. (red)