Scroll untuk baca artikel
Peristiwa

Tiga Apotek di Sungailiat di Sidak

382
×

Tiga Apotek di Sungailiat di Sidak

Sebarkan artikel ini
IMG 20221024 WA0006
Foto: Wakil Bupati Bangka, Syahbudin (topi) saat melakukan sidak. (Ist)

INTRIK.ID, BANGKA – Wakil Bupati Bangka, Syahbudin melakukan inspeksi mendadak atau sidak di tiga apotek yang ada di Kecamatan Sungailiat.

Ketiga apotek itu yakni Apotek K24, Kaya Farma dan Apotek Sehat 2.

Bahkan bukan hanya Syah budin saja, dalam sidak itu turut serta Kepala Dinas Kesehatan dr Then Suyanti, Kepala Dinas Kominfotik Bangka Boy Yandra dan Satuan Polisi Pamong Praja, Senin (24/10/2022).

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengatakan pengecekan itu dilakukan untuk memastikan agar tidak ada lagi penjualan obat sirup sesuai edaran.

“Setelah kita cek, obat-obat tersebut sudah diamankan atau sudah tidak dijual lagi. Dan memang Dinkes juga bergerak cepat dengan membuat edaran,” ungkap Syahbudin.

Wakil Bupati Bangka itu juga mengatakan pengecekan tersebut dilakukan guna memastikan tidak ada lagi yang menjual obat sirup sesuai instruksi dari Kementerian Kesehatan agar tidak menyebabkan gangguan pada ginjal.

“Ada beberapa produk setelah dilakukan pengujian mengandung 3 zat kimia berbahaya (ethylene glycol-EG, diethylene glycol-DEG, ethylene glycol butyl ether-EGBE-red) melebihi ambang batas aman, seperti Unibebi Cough Syrup, Unibebi Demam Sirup, dan Unibebi Demam Drops,” kata Syahbudin.

Ia berharap, masyarakat juga dapat saling memberikan informasi dan mengawasi agar kasus gagal ginjal akut tidak ditemukan di Kabupaten Bangka.

Selain itu, ia juga mengimbau bagi orang tua yang menemukan ciri-ciri anak mengalami dugaan kasus tersebut dapat langsung membawa ke rumah sakit.

“Saya pikir upaya-upaya yang dilakukan sudah tepat, dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang bisa merugikan konsumen, khususnya bagi balita,” tandasnya. (Red)