Ridwan Djamaluddin Minta Petani Sawit Manfaatkan Peluang

gubernur babel

INTRIK.ID, PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin membuka kegiatan Focus Group Discusion (FGD) sekaligus pelantikan pengurus Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Perjuangan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Fox Harris Hotel, Pangkalpinang 5/10/2022.

Ridwan menyampaikan apresiasi terkait semangat penyelenggaraan kegiatan FGD untuk menaikkelaskan petani sawit di Kepulauan Bangka Belitung.

“Penting ini, karena negara maju di luar sana karena petaninya hebat. Ini harus kita dukung,” ujarnya.

Sejalan dengan tema FGD “Mempercepat Realisasi Peremajaan Sawit Rakyat, Sarana dan Prasarana, Pengembangan SDM Pekebun Sawit Untuk Memperbaiki Tata Kelola Kelapa Sawit Berkelanjutan” Pj. Gubernur mengungkapkan bahwa, pihaknya juga menawarkan akses lahan agar petani sawit di Babel ini juga memanfaatkan peluang variasi komoditi.

“Dengan memanfaatkan lahan kritis yang ada di sekitar lahan mereka, silahkan gunakan untuk menanam varietas yang cocok. Begitupun, infrastruktur. Jadi pelabuhan mana yang mumpuni digunakan untuk ekspor mari kita diskusikan bersama,” katanya.

“Terkait dengan adanya semangat hilirisasi saat ini, bukan tidak mungkin di Babel ini, kita punya pabrik minyak goreng. Kamipun terbuka jika ada investor yang mau. Kita upayakan untuk fasilitasi sejauh itu memang meningkatkan kesejahteraan masyarakat Babel,” tambahnya.

Ia mengimbau, agar petani kepala sawit memanfaatkan peluang dan dukungan dari aspek pendanaan untuk membantu petani sawit naik kelas.

“Jadi pada kesempatan ini, agar asosiasi ini memanfaatkan peluang tersebut dan pihak perbankan juga kami minta agar memberikan sosialisasi literasi agar dana yang dipinjamkan tersebut produktif,” pungkasnya. (*/red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas