Scroll untuk baca artikel
Wisata/Kuliner

Nasi Kentut hingga Sate Kere, Inilah 7 Makanan Khas Indonesia yang Unik dan Enak

328
×

Nasi Kentut hingga Sate Kere, Inilah 7 Makanan Khas Indonesia yang Unik dan Enak

Sebarkan artikel ini
nasi kentut

Nasi Kentut hingga Sate Kere – Kuliner Indonesia memang tersohor dengan keberagamannya, mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki kuliner yang unik dan khas berbeda dari lainnya.

Tak heran dengan cita rasanya yang lezat dan khas, cara pengolahan dan pembuatannya pun sangat rumit, namun dengan keunikanya itu membuat makanan khas dari Indonesia ini sangat digemari dan populer hingga kini.

Baca juga: 8 Cara Membuka Blokiran BRImo Tanpa Harus ke Bank dan Syaratnya

Tak hanya unik dengan proses pembuatannya saja, kuliner Indonesia juga memiliki nama yang unik dan menggelitik, namun di balik namanya yang unik ini kuliner ini, menyimpan sejuta rasa dan sisi unik kuliner milik nusantara ini.

Makanan Khas Indonesia Namanya Unik dan Menyehatkan

nasi kentut

1. Kerupuk melarat (Cirebon)

Makanan pertama yang memiliki nama unik adalah cemilan khas dari kota Cirebon Jawa barat, tak hanya namanya yang unik, namun proses pembuatannya juga terbilang menarik dan unik, kerupuk melarat proses pemasakanya mengggunakan pasir untuk proses penggorengannya.

2. Tahu gimbal (Semarang)

Bagi anda pecinta tahu wajib untuk mencoba kuliner lezat dari kota Semarang Jawa tengah, kuliner ini tak hanya menyajikan tahu goreng biasa, dalam satu porsi tahu gimbal disajikan bersama irisan lontong, toge dan telur goreng, kemudian disiram oleh saus kacang tentunya sangat lezat bukan.

3. Nasi kentut (Medan)

Ketika mendengar nama dari sajian kuliner khas Medan ini pasti terdengarnya agak geli ya, namun tunggu dulu nama kentut itu tak seperti apa yang anda pikirkan, nama kentut diambil dari bahan dasar pembuatan nasi dengan tanaman kentut, nasi kentut biasanya disajikan bersama ikan teri, ayam goreng dan menu tambahan lainnya.

4. Sate kere

Sate satu ini berbeda dengan sate pada umumnya, sate kere memiliki cita rasa dengan bumbu rempah yang lezat, dijamin anda akan merasakn sensasi rasa yang berbeda, teksturnya yang kenyal seperti ayam, siapa sangka bahan dasar sate kere hanya menggunakan tempe gembus yang dibuat daru ampas tahu saja lho.

5. Kue dollar (Surabaya)

Ketika mendengar namanya pasti anda mengira jika kudapan ini berasal dari luar negeri, tapi sebetulnya kue ini  merupakan kue khas dari kota pahlawan Surabaya yang memiliki tekstur renyah dan rasanya manis, kue ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib wajib anda beli saat berkunjung ke Surabaya.

6. Mie lendir (Tanjung Pinang)

Salah satu makanan khas dari Tanjung Pinang, penamaan lendir dipakai karena tekstur kuah mie yang sangat kental, mie lendir akan lebih enak dan lezat di makan dengan tambahan telur rebus dan potongan cabe hijau.

7. Kerupuk upil (Cirebon)

Cemilan satu ini berasal darli kota udang Cirebon Jawa Barat, cemilan ini memiliki rasa gurih dan renyah, penamaan kerupuk upil ini ternyata diambil dari bentuknya yang mungil, yuk cobain cemilan ini dan rasakan sensasi lezatnya.