Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Ingin Beli Keyboard Wireless? Kenali 3 Kelebihan dan Kekurangan Dulu Wajib Diketahui

529
×

Ingin Beli Keyboard Wireless? Kenali 3 Kelebihan dan Kekurangan Dulu Wajib Diketahui

Sebarkan artikel ini
keyboard wireless

Keyboard wireless atau nirkabel dapat meningkatkan portabilitas para pengguna PC maupun laptop. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli keyboard tersebut, termasuk kelebihan dan kekurangan keyboard wireless.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anda bisa mendapatkan jenis keyboard terbaik sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk menyimak ulasan lengkap terkait jenis keyboard wireless.

Keyboard wireless sekarang banyak digemari oleh pengguna PC pasti kamu juga salah satunya ya.  Nah kalau kamu mau beli keyboard wireless ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal dulu ya. Mulai dari kelebihan dan kekurangan dari keyboard wireless.

Untuk tau hal tersebut, tidak perlu repot-repot nyari tau kelebihan dan kekurangan dari keyboard wireless. Yuk langsung aja kita bahas bareng-bareng ya!

Baca juga: 3 Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan yang Efektif dan Aman

Kelebihan Keyboard Wireless

Kalian mungkin keyboard wireless bisa jadi pilihan tepat untuk memudahkan kamu dalam mengetik. Keyboard wireless punya kelebihan lainnya nih, apa aja sih? Yuk kita simak berikut ini!

  • Portabilitas

Keyboard wireless tuh mudah banget digunain karena punya mobilitas yang gampang untuk penggunanya. Tanpa kabel kalian bisa nempatin keyboard ini di mana aja, mau dipangku, di meja, di kasur, atau tempat lainnya. Untuk keyboard wireless sendiri ada dua jenis yang cukup populer, yaitu inframerah dan gelombang radio. Keyboard wireless dengan gelombang radio lebih fleksibel Blibli Friends, soalnya kamu nggak perlu berhadapan langsung dengan komputer.

  • Simpel dan Rapi

Kalian suka hal-hal yang rapi dan simpel? Keyboard wireless ini cocok banget sama kamu nih. Keyboard tanpa kabel ini mencegah adanya kabel yang kusut, bergumpal, sampai bikin meja jadi nggak rapi. Keyboard ini membuat meja jadi lebih rapi dan luas karena tidak ada kabel-kabel yang mengganggu. Apalagi sekarang keyboard wireless ini punya banyak pilihan dan model jadi kamu bisa sesuain sama selera diri sendiri ya.

Kekurangan Keyboard Wireless

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan kan. Keyboard wireless ini juga punya kekurangan. Apa aja kekurangan keyboard ini? Yuk kita bahas!

  • Kurang Responsif

Kalian harus tau nih, umumnya keyboard wireless punya respon lebih lambat daripada keyboard dengan kabel. Jadinya keyboard ini sering bermasalah pada responsifitasnya ya. Apalagi kalau kalian adalah orang yang mengetik dengan kecepatan tinggi dan diburu waktu, nggak cocok banget pakai keyboard wireless ini ya. Jadi kalau emang pilih keyboard wireless kalian harus cek responsifitasnya ya, jangan sampai nyesel setelah membeli.

  • Konfigurasi

Kekurangan selanjutnya adalah konfigurasi yang dimiliki keyboard wireless ini sering banget bermasalah. Kalau keyboard biasanya kalian tinggal plug and play, tapi sayangnya ini nggak berlaku dengan keyboard wireless.

Kamu harus menginstal dulu terus melakukan pengaturan juga di PC baru deh bisa digunain. Tapi nggak segampang itu. Soalnya di bagian ini, bisa aja keyboard nggak terdeteksi oleh PC atau laptop. Bagian ini bisa bikin kalian pusing banget, apalagi kondisinya keyboard diperlukan banget saat itu. Kalian bakalan ngerasa ribet banget tidak sih.

  • Daya Tahan Baterai

Kekurangan lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah masalah daya tahan baterai yang cenderung kurang maksimal. Biasanya, keyboard wireless menggunakan empat buah baterai AA lithium di mana Anda harus menggantinya saat tenaga sudah habis.

Sebagian keyboard wireless mampu bertahan hingga 15 bulan, namun ada yang hanya 6 bulan saja. Hal ini tergantung dengan pemakaian keyboard wireless jadi pastikan Anda memiliki baterai untuk antisipasi sewaktu-waktu jika baterai utama habis.

  • Lebih Mahal

Terakhir, keyboard tanpa kabel USB ini juga memiliki kekurangan dalam hal harga. Sebagian besar jenis keyboard wireless dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding keyboard biasa yang masih menggunakan kabel. Jika Anda tetap ingin menggunakan keyboard wireless, pastikan untuk menyisihkan budget yang lebih besar untuk membelinya.

Perbedaan harga tergantung pada merk, model dan fitur yang dimiliki oleh keyboard wireless tersebut. Bagi Anda yang ingin membeli perangkat ini, pastikan untuk menyimak kelebihan dan kekurangan keyboard wireless. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan pemilihan keyboard dengan kebutuhan, budget dan model keyboard yang diinginkan.