Scroll untuk baca artikel
PangkalpinangPendidikan

IJTI Babel Ciptakan Calon Wartawan Profesional Begini Strateginya

316
×

IJTI Babel Ciptakan Calon Wartawan Profesional Begini Strateginya

Sebarkan artikel ini
IMG 20221029 WA0080
Caption : Peserta sekolah jurnalistik dari berbagai kampus di Provinsi Babel

PANGKALPINANG. INTRIK.ID – Sebanyak 20 mahasiswa dari berbagai kampus di Provinsi Bangka Belitung (Babel), mengikuti Sekolah Jurnalistik angkatan pertama. Kegiatan tersebut diselenggara Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Babel, Sabtu 29/ 10/ 2022 hingga 3 Desember 2022 bertempat disekretariat IJTI Babel.

Para peserta akan melakukan pertemuan tatap muka sebanyak enam kali. Pertemuan dilaksanakan satu kali seminggu yakni setiap hari Sabtu, dimulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Ketua IJTI Pengda Babel Joko Setyawanto mengatakan, Sekolah Jurnalistik dilaksanakan sebagai tindak lanjut instruksi Dewan Pers dan IJTI pusat untuk mendorong profesionalisme jurnalisme.

“Profesionalisme jurnalis itu ketika wartawan ataupun calon wartawan dibekali kemampuan teknis jurnalis yang memadai, karena tidak mungkin mereka menjadi profesional ketika tidak memiliki kemampuan teknis,” kata Joko.

Joko menyebutkan angkatan pertama sekolah jurnalistik dibatasi 20 orang peserta, mengingat keterbatasan sumber daya di IJTI sendiri termasuk pasilitas ruangan yang terbatas.

“Ini kami buka dulu untuk 20 orang pers mahasiswa. Tapi tingginya animo yang mau ikut, nanti kami akan buka lagi untuk angkatan ke dua dan seterusnya dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi,” ujarnya.

Menurut Joko para peserta sekolah Jurnalistik selain diberikan pemahaman tentang dunia jurnalis, Harapannya menjadi jurnalis profesional bahkan menjadi pengusaha media.

“Selain kami akan memberikan wawasan jurnalistik, bahasa jurnalistik dan teknik peliputan baik cetak, online, televisi maupun radio, kami juga akan memberikan materi bagaimana membangun bisnis media yang baik dan sehat,” tutupnya.

Sumber : IJTI Pengda Provinsi Bangka Belitung