Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Catat! 5 Benefit Utama Fitur WhatsApp Business Search Indonesia

265
×

Catat! 5 Benefit Utama Fitur WhatsApp Business Search Indonesia

Sebarkan artikel ini
whatsapp business

WhatsApp Business baru saja menambahkan fitur business search untuk mempermudah layanan pelanggan. Tak perlu menyimpan nomor, pelanggan atau pengguna WhatsApp hanya perlu mengetikkan nama brand yang ingin mereka hubungi. Di mana hadirnya WhatsApp Business Search ini disambut baik oleh pelaku bisnis seperti Anda.

Selama ini pelanggan harus mengunjungi website resmi, akun media sosial resmi, untuk akhirnya bisa mendapatkan kontak brand yang mereka ingin hubungi. Dari segi pelaku bisnis, Anda tentunya juga sudah menambah widget WhatsApp di website, serta link WhatsApp Business. Namun, dengan hadirnya WhatsApp Business Search tidak perlu dilakukan.

Baca juga: Ingin Sukses Bisnis? 7 Cara Jualan di Tiktok Bisa Untung Besar!

WhatsApp Business Search patut Anda sambut, karena banyak benefit yang bisa Anda dapatkan ketika berhasil memaksimalkannya. Tak hanya untuk kebutuhan customer service saja, namun lebih dari itu. Lantaran WhatsApp mengembangkan fitur business search ini dengan dukungan beberapa kemudahan lainnya.

Benefit Fitur WhatsApp Business Search

Fitur WhatsApp Business Search ini bisa digunakan oleh perusahaan yang sudah menggunakan WhatsApp Business API. Fitur yang sudah tersedia di Indonesia ini tidak bisa digunakan bagi Anda yang masih menggunakan WhatsApp Business biasa. Lantaran WhatsApp Business Search sebenarnya diperuntukkan bagi perusahaan skala besar, dengan jangkauan pelanggan yang luas.

Bicara tentang fitur, WA Business Search tentunya memiliki beberapa benefit yang bisa Anda manfaatkan, apa saja? Simak berikut ini.

1. Menjangkau Pelanggan Lebih Mudah

Tumbuhnya sebuah bisnis harusnya didukung dengan bagaimana Anda menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya. WhatsApp Business Search memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan lebih mudah. Pelanggan yang dijangkau tidak hanya mereka yang menyimpan kontak Anda, namun seluruh pelanggan yang menggunakan WhatsApp bisa dijangkau dengan mudah.

Pasalnya, pelanggan hanya tinggal mengetikkan nama brand atau perusahaan Anda pada kolom pencarian di WhatsApp. Kemudian nama perusahaan Anda keluar. Namun, pencarian nama ini juga dipengaruhi oleh wilayah bisnis beroperasi. Jika bisnis Anda hanya beroperasi di Indonesia saja, maka pelanggan dari luar negeri harus menggunakan media lain untuk mengakses Anda.

2. Lebih Mudah Mendapatkan Lead Baru

Kemudahan selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah mendapatkan lead baru. Sebelumnya telah dibahas jika WhatsApp Business API memudahkan Anda untuk lead generation. Lead generation yang dimaksud sendiri di sini adalah menjaga lead yang masuk agar bisa menjadi klien atau pelanggan yang loyal.

Hadirnya WhatsApp Business Search ini tidak hanya tentang lead generation, namun juga lead baru. Seperti apa yang sudah dibahas pada poin pertama jika semua pengguna WhatsApp bisa mengakses atau mengubungi Anda melalui WhatsApp. Bisa dikatakan, tidak perlu pelanggan yang sudah menggunakan produk Anda, namun calon pelanggan baru juga bisa menghubungi Anda.

Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatur strategi pengiriman pesan atau pembuatan template pesan untuk menyambut pelanggan baru. Buat mereka merasa nyaman dan memahami produk apa yang Anda jual, dengan begitu mereka akan segera menjadi pelanggan loyal Anda.

3. Mendukung Brand Visibility

Brand Visibility adalah aspek penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Bagaimana produk Anda bisa dikenal jika brand Anda tidak bisa dilihat oleh target market. Semakin besar brand visibility, semakin banyak pula pelanggan baru yang hadir.

Brand visibility tidak hanya memasang iklan, namun berkaitan dengan banyak elemen lain. WhatsApp business search ini sendiri mendukung strategi brand visibility Anda. Hal ini bisa Anda maksimalkan pada aspek pemberian nama kontak. Maksudnya tidak hanya menampilkan nama perusahaan saja, namun layanan atau produk yang ingin Anda jual juga.

4. Layanan Pelanggan Lebih Fokus

Pada artikel pengenalan pertama, telah dijelaskan mengapa fitur wa business search ini membantu pelayanan lebih fokus. WhatsApp Business API memungkinkan Anda membuat sejumlah contact center, atau membuat beberapa channel mengatasnamakan satu perusahaan. Di mana tidak hanya berfokus pada satu channel saja.

Di sini Anda bisa membagi beragam layanan pelanggan ke beberapa channel. Misalkan saja ada layanan komplain, kritik dan saran, serta layanan edukasi produk. Anda bisa menggunakan channel terpisah dengan nama yang sama atau berbeda. Hal ini bisa mempercepat Anda dalam menangani pesan dari pelanggan dan meraup lebih banyak kepuasan pelanggan.

5. Customer Service Terpusat dalam Satu Aplikasi

Customer service atau layanan pelanggan menjadi lebih terpusat dalam satu aplikasi. Anda bisa memaksimalkan WhatsApp sebagai satu-satunya platform customer service Anda. Pelanggan tidak perlu menyimpan nomor, mencari link WhatsApp, cukup mengetikkan nama perusahaan Anda di WhatsApp, maka pelanggan bisa menjangkau Anda lebih cepat.

Di sisi lain, Anda bisa melakukan integrasi WhatsApp Business API dengan aplikasi pesan lain atau media sosial lainnya. Semua pesan akan dapat dilihat dalam satu dashboard omnichannel dan ditangani dengan cepat. Sehingga tidak ada alasan untuk pelanggan kecewa dengan layanan pelanggan.