Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Bergaris, Tanpa Service!

1504
×

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Bergaris, Tanpa Service!

Sebarkan artikel ini
layar

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Bergaris – Pengguna ponsel mungkin pernah tiba-tiba mengalami kondisi layar hp bergaris dan berbayang. Garis yang muncul bisa horizontal maupun vertikal disertai warna hitam, putih, maupun hijau.

Kondisi ini mungkin membuat pengguna berpikir ingin segera mengganti handphone (hp). Padahal, ada cara mengatasi layar hp bergaris sebelum buru-buru membawanya ke tukang servis ataupun membeli ponsel baru.

Baca juga: Cara Membuat Akun Netflix Gratis Tanpa Kartu Kredit

Melansir Carlcare Service, penyebab layar hp bergaris hitam atau warna lainnya karena LCD terjatuh. Penyebab lain, bisa karena kemasukan air.

Selain itu, juga bisa karena ada kesalahan pengoperasian aplikasi atau perangkat lunak (software). Hal ini kemudian menghambat fungsi dari komponen utama hp, seperti rakitan layar.

Cara Mengatasi Layar Handphone Bergaris

1. Restart hp

Saat layar hp bergaris dan berbayang, coba segera muat ulang alias restart hp. Cara ini akan menyegarkan operasional hp, termasuk pengoperasian layar.

Caranya, klik fitur restart di hp atau matikan. Kemudian, istirahatkan hp selama beberapa saat, lalu nyalakan kembali.

2. Habiskan daya baterai

Cara mengatasi LCD bergaris dan berbayang selanjutnya bisa dengan menghabiskan daya baterai. Namun sebelumnya, pengguna perlu mengisi daya baterai sampai penuh alias 100 persen.

Jika sudah penuh, gunakan hp atau biarkan sampai daya baterai habis atau nol persen. Lalu, isi kembali daya baterai sampai penuh. Biasanya, garis pada layar hp akan hilang ketika hp kembali dinyalakan dalam keadaan daya baterai penuh.

3. Gunakan safe mode

Jika kedua cara di atas belum juga menghilangkan layar hp bergaris horizontal atau layar hp bergaris vertikal, Anda bisa menggunakan cara berikutnya, yaitu menggunakan mode aman atau safe mode.

Penggunaan safe mode akan mendeteksi apakah ada kesalahan operasi aplikasi dan software atau tidak. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ‘Reboot to Safe Mode’, lalu biarkan perangkat memuat ulang dengan mode ini. Kemudian, biarkan hp menyala kembali.

4. Update OS terbaru

Sistem operasi atau OS yang jadul juga bisa menimbulkan layar hp bergaris. Merujuk Androiddata, selain membuat pengguna tidak bisa mengakses fitur terbaru, OS jadul juga rentan terhadap masalah bug, termasuk muncul garis di layar.

Untuk mengatasinya, cukup lakukan pembaruan sistem dan instal versi terbarunya.

5. Lepas casing

Mengutip Technipages, penyebab layar hp bergaris hijau juga bisa karena perubahan suhu di perangkat. Hal ini bisa memengaruhi kinerja operasional hp sehingga memunculkan garis atau bayangan.

Ketika hal ini terjadi, sebaiknya pengguna segera melepas pelindung atau casing hp selama beberapa menit. Kemudian, matikan hp dan muat ulang.

6. Lepas baterai dan SIM card

Tak hanya casing, cara mengatasi layar hp bergaris juga bisa dengan melepas baterai dari hp jika terpisah atau bukan baterai tanam.

Hal ini untuk mencegah pemburukan kinerja layar. Begitu juga dengan kartu SIM, sebaiknya lepaskan dulu dan biarkan di suhu ruangan selama beberapa menit.

7. Reset pabrik

Cara selanjutnya juga bisa dengan mengaktifkan reset pabrik untuk mengembalikan segala pengaturan hp ke awal seperti hp baru dibeli dari pabrik. Caranya, buka ‘Pengaturan’ pada hp, lalu reset pabrik.

Namun perlu diingat, cara ini akan membuat seluruh data terhapus. Untuk itu, pastikan Anda sudah menyimpan data di tempat penyimpanan lain sebelum melakukan reset pabrik.

Jika seluruh cara ini tidak berhasil, maka Anda perlu membawa hp ke tempat servis. Sebab, kemungkinan perangkat keras atau hardware memang sudah rusak.

Ketika hal ini terjadi, cara mengatasi layar hp bergaris hanya bisa dilakukan melalui bantuan teknisi hp. Maka dari itu, segera service hp Anda.