5 Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik, Efisien hingga Harga Lebih Oke Mana?

kompor

Perbedaan kompor induksi dan kompor listrik sering menjadi pertanyaan bagi orang-orang yang sedang mau ganti suasana dapur. Kedua jenis kompor ini sebenarnya sama-sama menggunakan tenaga listrik sebagai bahan bakar. Namun, dari segi penggunaan tentu saja kompor induksi dan listrik mempunyai sejumlah perbedaan. Penasaran sama perbedaan jenis kompor ini? Perhatikan informasi berikut ini, yuk!

Baca juga: 5 Tips Rawat Kulit Bayi Baru Lahir, Ibu Baru Wajib Perhatikan!

Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

kompor

Dari kompor induksi dan kompor listrik, sebenarnya mana sih yang lebih efisien dan hemat? Kamu perlu memperhatikan hal tersebut biar nggak merasa menyesal di kemudian hari setelah membelinya. Nah, biar makin tahu, ini dia beberapa perbedaan kompor induksi dan kompor listrik yang wajib diketahui:

1. Cara Pemanasan

Dengan menggunakan kompor induksi maupun kompor listrik, kamu nggak perlu menyalakan api saat mau memasak. Hal ini dikarenakan kedua jenis kompor ini menggunakan listrik untuk beroperasi. Walaupun menggunakan daya yang sama, tapi kedua kompor ini menggunakan cara pemanasan yang berbeda buat menghantarkan panas.

Bagaimana sih cara pemanasan kedua kompor ini? Kompor induksi bisa memanaskan peralatan masak seperti panci atau wajan secara langsung dengan energi elektromagnetik. Sedangkan, kompor listrik elektrik menghantarkan panas melalui sumber energi listrik yang dicolokkan ke kompor. Menurutmu, mana nih yang lebih praktis?

Baca juga: 6 Rekomendasi Krim Pemutih Wajah Terbaik Dijamin Ampuh!

2. Efisiensi Energi

Kalau dilihat dari tingkat efisiensi energinya, kompor induksi diklaim lebih baik daripada kompor listrik. Hal ini dikarenakan kompor induksi bisa menghemat energi yang lebih banyak daripada kompor listrik.

Kompor induksi menggunakan reaksi elektromagnetik buat menghantarkan panas ke makanan yang ada di dalam wajan. Adapun kemampuan elektromagnetiknya bisa mencapai 80 sampai 90 persen. Sedangkan kompor listrik cuma bisa mencapai efisiensi energi sekitar 70 persen.

3. Keamanan

Kompor induksi cuma memanaskan partikel besi dengan item yang ada di dalamnya. Dengan demikian, risiko kebakarannya bisa menjadi sangat kecil. Bahkan, jenis kompor ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur otomatis yang sangat membantu. Seperti mengatur durasi memasak dan menentukan waktu matinya kompor untuk memaksimalkan keamanan.

Sedangkan, kompor listrik akan terasa sangat panas ketika setelah digunakan selesai memasak. Pasalnya, panas yang dihasilkan oleh jenis kompor listrik juga jauh lebih awet. Oleh karena itu, kompor induksi bisa dikatakan lebih aman digunakan kalau kamu punya anak kecil di rumah.

4. Suhu Maksimal

Suhu maksimal yang dihasilkan oleh kompor listrik cenderung lebih tinggi daripada kompor induksi. Kompor listrik bisa mencapai suhu sekitar 393 derajat Celcius. Sedangkan, kompor induksi cuma bisa mencapai suhu kurang lebih 351 derajat Celcius.

Tapi, kompor induksi akan lebih cepat mengalihkan suhu dari panas ke dingin. Sedangkan kompor listrik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadi dingin.

5. Harga

Harga kerap kali menjadi pertimbangan utama seseorang dalam memilih barang, termasuk kompor. Kompor induksi terbilang lebih mahal daripada harga kompor listrik yang dibanderol di pasaran. Pasalnya, jenis kompor induksi diyakini bisa lebih awet karena menggunakan teknologi yang relatif baru.

Biaya listrik yang dibutuhkan oleh kompor induksi juga cenderung lebih sedikit daripada kompor listrik. Oleh karena itu, perlu disadari bahwa biaya yang kita keluarkan buat membeli kompor akan sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Itulah dia 5 perbedaan kompor induksi dan kompor listrik yang wajib ibu-ibu ketahui. Buat yang mau beli kompor induksi   maupun listrik tanpa keluar rumah, di Blibli bisa menjadi solusi. Di sana ada banyak banget varian kompor berkualitas dari berbagai merek ternama. Selain praktis, di Blibli juga menawarkan harga yang murahnya kebangetan, loh. Yuk, buruan beli kompor pilihanmu di Blibli sekarang juga!

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas