5 Cara Memilih Sabun Cuci Pakaian untuk Kulit Sensitif, Wajib Kalian Ketahui!

sabun cuci

Sabun Cuci Pakaian dapat menjaga kesehatan tubuh salah satunya dengan menjaga kebersihan, baik itu kebersihan lingkungan maupun kebersihan tubuh.

Untuk mendapatkan tubuh yang bersih maka harus memastikan untuk menggunakan pakaian yang habis dicuci secara bersih menggunakan sabun cuci pakaian terbaik. Apalagi untuk Anda yang memiliki kulit sensitif maka harus memperhatikan sabun cuci pakaian yang pas.

Baca juga: 5 Tips Rawat Kulit Bayi Baru Lahir, Ibu Baru Wajib Perhatikan!

Memilih sabun cuci pakaian sangat penting untuk dilakukan sebab akan memberikan dampak untuk kesehatan tubuh.

Secara umum sabun cuci memiliki kandungan zat kimia yang akan menyebabkan gangguan pada kulit, hal ini akan berdampak parah bila memiliki kulit yang sensitif.

Hal berbahaya yang bisa disebabkan oleh zat kimia pada sabun cuci seperti kulit menjadi sangat kering, iritasi, gatal, bahkan bisa menyebabkan alergi.

Menggunakan sabun cuci pakaian yang kurang pas juga selain berdampak pada kulit kuga pada pakaian dan lingkungan Anda. Pakaian bisa rusak seperti luntur atau hal lainnya yang akan merugikan Anda.

Daripada melakukan perbaikan dan pengobatan maka alangkah baiknya jika Anda mempertimbangkan lebih dulu dalam memilih jenis sabun cuci pakaian yang hendak Anda gunakan.

Tips Memilih Sabun Cuci Untuk Kulit Sensitif

Sebenarnya bukan hanya yang memiliki kulit sensitif yang harus memilih sabun cuci terbaik, tetapi setiap orang sebaiknya menggunakan sabun cuci yang paling aman.

Dilansir dari laman thefiltery berikut ini beberapa tips memilih sabun cuci pakaian yang aman untuk kulit sensitif.

1. Hindari Sabun Dengan Kandungan Wewangian

Sangat wajib untuk memghindari sabun dengan kandungan wewangian seperti sulfat, wewangian parfum, dan alkohol. Sebab ketiga kandungan imi bisa menyebabkan kulit menjadi semakin kering dan akan memicu yang namanya iritasi.

Oleh karenanya Anda harus mencium aroma sabun tersebut terlebih dahulu, apabila memiliki wangi yang terlalu tajam maka sebaiknya jangan memilih sabun tersebut.

2. Hindari Sabun Dengan Kandungan SLS

SLS merupakan salah satu sulfaktan, sebuah senyawa yang memiliki fungsi membersihkan dan menghilangkan lemak yang ada pada pakaian.

Kandungan SLS ini sangat sering dijumpai di sabun cuci pakaian, sabun mandi, dan juga sampo. Namun dengan manfaat yang sangat begitu besar ternyata penggunaan sabun cuci dengan kandungan SLS ini sangat fatal untuk dipemilik kulit sensitif.

Sulfaktan dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering sehingga rentan untuk terjadinya iritasi pada kulit.

3. Hindari Penggunaan Pemutih Klorin

Banyak sekali sabun pencuci pakaian yang mengandung pemutih klorin, namun sayangnya klorin memiliki sifat beracun yang juga berbahaya untuk kesehatan.

Klorin dapat menyebabkan luka bakar, gagal nafas, edema paru, dan bahkan berbagai kondisi kesehatan lainnya yang terjadi pada kulit sensitif.

4. Hindari Sabun Dengan Pewarna Sintetis

Hindari sabun dengan penggunaan pewarna sintetis, sebab pewarna yang bersifat kimia bisa membahayakan baju serta memperburuk kondisi kulit yang sensitif.

Pewarna sintetis pada sabun cuci pakaian bisa menyebabkan iritasi pada kulit serta membuatnya menjadi lebih kering

5. Sebaiknya Pilih Sabun Cuci Cair

Sabun cuci pakaian berbentuk cair bisa memperkecil kemungkinan iritasi yang terjadi pada kulit sensitif.

Hal ini karena sabun cuci cair tidak meninggalkan endapan residu pada kulit namun untuk sabun bubuk akan meninggalkan endapan yang menyebabkan iritasi pada kulit.

Akan tetapi hal ini tergantung dari kandungan yang dimiliki oleh sabun cuci pakaian bubuk, sehingga Anda harus memeriksa kandungan sebelum menggunakannya.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas