Scroll untuk baca artikel
Tekno dan Otomotif

Tips dan Cara Membuat Cerita di Wattpad bagi Pemula 2022

293
×

Tips dan Cara Membuat Cerita di Wattpad bagi Pemula 2022

Sebarkan artikel ini
wattpad

Setiap pengguna Wattpad, dapat membuat cerita yang mereka inginkan sendiri. Karena Wattpad memang terbuka untuk siapa saja.

Menulis di Wattpad pun memiliki berbagai macam keuntungan. Tentunya paling utama kamu akan sangat mudah mendapatkan pembaca dikarenakan jumlah pengguna Wattpad yang sangat banyak di Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi 3 Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 11 dan 10

Nah bagi kamu yang ingin memulai menulis di Wattpad tapi belum tahu caranya, berikut ini Uplotify.id akan menjelaskannya.

Cara Membuat Cerita di Wattpad

Kalau kamu ingin membuat cerita di Wattpad, lebih disarankan menggunakan PC atau laptop. Alasannya ialah karena kamu bisa mengetik lebih cepat, lalu kamu bisa lebih mudah juga memasukkan gambar.

Tapi kalau kamu tetap ingin membuat di HP juga bisa. Secara tampilan, Wattpad di laptop maupun di HP tidak jauh berbeda. Bahkan bisa dibilang sama.

Kemudian pastikan kamu sudah memiliki akun Wattpad. Kalau belum ada, kamu bisa ikuti pembahasan cara membuat akun Wattpad di PC atau HP.

Berikut cara membuat cerita di Wattpad:

  1. Pertama silahkan kamu login terlebih dahulu ke akun Wattpad yang dimiliki.
  2. Kalau sudah, klik Write kemudian pilih opsi Create a new story.
  3. Kemudian silahkan kamu tambahkan cover di bagian Add Cover (Cek juga cara membuat cover Wattpad untuk pemula).
  4. Isi semua kolom yang dibutuhkan. Judul, deskripsi, karakter utama, kategori, tag dan lain-lain. Klik Next kalau sudah.
  5. Selanjutnya kamu bisa mulai mengisi cerita. Tambahkan judul dan isi tulisan. Kamu juga bisa menambahkan gambar dan video kalau ingin.
  6. Kalau sudah, kamu cukup klik Publish untuk mulai mempublikasikan cerita tersebut.
  7. Centang konfirmasi Wattpad di bagian bawah. Kemudian klik lagi Publish untuk konfirmasi mempublikasikan cerita.

Selesai. Sekarang cerita kamu sudah dipublish di Wattpad. Kamu bisa cek di profil kamu, tepatnya di My Stories untuk melihat daftar cerita yang sudah dibuat sebelumnya.

Tips Membuat Cerita di Wattpad

Kamu bisa membuat cerita sesuai keinginan di Wattpad. Meskipun demikian, jika kamu ingin cerita lebih cepat ramai, tentunya akan lebih baik jika kamu mengetahui tips-tips yang disarankan untuk pemula.

1. Pahami PUEBI

Pertama silahkan kamu pahami PUEBI (atau dulu dikenal dengan nama EYD). Tujuannya tidak lain ialah untuk membuat tulisan kamu lebih nyaman dibaca.

Contohnya seperti tanda baca, tanda seru, tanda kurung dan lain-lain sebagainya. Namun tidak harus terlalu ketat, kalau tema cerita kamu ringan, kamu bisa membuat gaya tulisan yang ringan juga.

2. Cek Jumlah Kata

Setiap cerita di Wattpad memiliki panjang kata tersendiri. Tergantung dari tema cerita yang dibuat.

Namun jika ingin mengutamakan kenyamanan pembaca, satu chapter cerita sebisa mungkin dibuat antara 800 sampai 1000 kata (atau lebih sedikit tidak masalah).

Alasannya kalau terlalu pendek, cerita kamu akan terasa kurang lengkap. Sedangkan jika terlalu panjang, pembaca bisa cepat merasa bosan.

3. Tentukan Tema Terbaik

Sebelum membuat cerita, kamu pastinya harus menentukan tema cerita terlebih dahulu. Di sini kamu harus menentukan tema yang menarik dan banyak disukai pembaca.

Contohnya seperti tema romance, adventure, dan misteri. Namun tentunya harus disesuaikan juga dengan kemampuan menulis kamu.

4. Cover Cerita Harus Menarik

Selain menulis, novelis di Wattpad juga harus bisa membuat cover novel mereka sendiri. Di sini kamu harus memastikan bahwa cover yang dibuat sudah bisa membuat pembaca tertarik.

Nah untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Misalnya Canva, Fotor dan lain-lain.

5. Pelajari Tips-Tips Dari Penulis Populer

Terakhir kamu bisa coba pelajari tips-tips dari penulis yang sudah populer di Wattpad. Tidak sedikit dari mereka yang biasanya membagikan banyak tips seputar menulis.

Selain itu, di Youtube kamu juga dapat mencari berbagai tips tambahan dari pengguna dan penulis Wattpad. Kamu juga disarankan untuk bergabung ke grup-grup komunitas Wattpad di sosial media.

Itulah cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat cerita di Wattpad. Termasuk tips-tips menulis di Wattpad untuk kamu yang masih pemula.

Ada pertanyaan seputar Wattpad? Kamu bisa tinggalkan komentar di bawah. Share juga ke teman-teman kamu ya.