Teknologi BWD PT Timah, Wawasan Baru Bagi Karyawan Tambang Batubara

IMG 20220921 WA0074
Caption : Tempat Penyelamatan satwa eks tambang milik PT. Timah Tbk di Air Jangkang

PANGKALPINANG.INTRIK.ID – Teknologi pertambangan menjadi salah satu faktor meningkatkan produksi, Seperti dilakukan PT.Timah Tbk, menerapkan teknologi Bucket Wheel Dredge ( BWD ) untuk menaikkan kuantitas produksi biji timah.

Teknologi BWD yaitu proses penggalian tanah mengandung biji timah ( Kaksa ) dibawa laut menggunakan Bucket Wheel. Semakin banyak volume tanah Kaksa tergali produksi biji timah meningkat.

Dalam kunjungan ke PT. Timah, Rabu ( 21/9/2022).Puluhan karyawan PT Bukit Asam Tbk anggota Holding MIND ID melalui Vice President Penanganan Dan Angkutan Batubara, PT Bukit Asam Tbk, Togar B. Simatupang menyampaikan kunjungan ini bisa menambah wawasan.

“Tentu inovasi-inovasi seperti ini dapat memberikan wawasan bagi kami tentang teknologi penambangan yang dilakukan oleh PT Timah Tbk. dan ini memberikan inspirasi bagi pengunjung,”kata Togar.

Tidak hanya mengetahui teknologi BWD,Togar juga menyampaikan kesannya terhadap Museum Timah.

“Ini merupakan kali pertama bagi kami berkunjung ke PT Timah Tbk, dengan agenda seperti ini. Kunjungan ke Museum Timah tadi memiliki banyak manfaat, dimana kami menjadi tahu seperti apa gambaran sejarah PT Timah dari sejak dahulu kala,” ungkapnya.

Berkunjung ketempat penyelamatan satwa milik PT. Timah berlokasi di Air jangkang, Togar menyebutkan PT. Timah kemungkinan satu – satunya memiliki program tersebut.

“Lagi-lagi kami mendapatkan pelajaran baru dan pengalaman baru. Salah satu hal yang sangat menarik bagi kami adalah dengan adanya Pusat Penyelamatan Satwa yang ada dilahan reklamasi ini, pastinya mungkin PT Timah satu-satunya BUMN memiliki Pusat Penyelamatan Satwa ini. Dan lagi-lagi ini memberikan inspirasi bagi kami, patut dicontoh dan tentunya harus dilanjutkan dan ditingkatkan,” tutup Togar.

Sumber : Humas PT. Timah Tbk