Tak Terima Pelaku Asusila Tak Ditahan, Me Hoa Pertemukan Keluarga Korban Dengan Instansi Terkait

IMG 20220920 WA0011

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah Me Hoa fasilitasi pertemuan antara orang tua korban asusila dengan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Dede Lina, Senin (19/9/2022).

Dalam pertemuan itu, pihak keluarga korban juga didampingi Ketua LSM Perempuan dan Anak Bangka Belitung, Zubaidah.

IMG 20220920 WA0012

Diberitakan intrik.id sebelumnya, terjadi kasus asusila yang dilakukan remaja 15 tahun asal Bangka Tengah. Dari kejadian tersebut sang pelaku tak ditahan lantaran tak ruang tahanan anak.

Karena hal tersebut, orang tua korban ingin berkoordinasi dengan pihak pemerintah untuk membahas alasan keputusan tersebut.

IMG 20220920 WA0008

“Saya ditelpon orang tua korban, minta dipertemukan dengan bu Dede. Langsung saya fasilitasi saja di ruangan saya,” ucap Me Hoa kepada intrik.

Karena hal tersebut Ketua DPRD Bangka Tengah mengundang Zubaidah untuk saling berbagi informasi selama pendampingan pada korban.

“Kita ajak ketua LSM Perlindungan anak provinsi untuk menjelaskan semuanya dan melakukan pendampingan agar tidak salah tafsir,” ujarnya.

IMG 20220920 WA0005

Setelah mendapatkan pendampingan, Mehoa bersama Ketua LSM Perlindungan Anak dan orangtua korban bertemu Kepala Dinas serta kabid terkait nya ke Ruangannya untuk berdiskusi dan klarifikasi jika terdapat miskomunikasi.

Tak hanya itu, pihak Polres Bangka Tengah juga dilibatkan agar mengutus bidang terkait yang selama ini menangani kasus anak.

IMG 20220920 WA0011

Me Hoa menyebutkan, wakil rakyat memang tidak mempunyai wewenang untuk memberikan keputusan terhadap kasus asusila tersebut, namun langkah ini sebagai upaya untuk membantu orang tua korban merasa nyaman dan merasa diatensi.

“Mungkin bukan ranah kita, tapi ini adalah keluhan masyarakat kita. Jadi kita harus bantu sebisa mungkin,” tuturnya.

Hal ini dilakukan, karena memang orangtua korban bercerita dengan sedih kepada Ketua DPRD atas kejadian yang dialami anaknya.

“Setidaknya kita memberikan rasa nyaman dan berbela rasa dengan membesarkan hati mereka,” kata Me Hoa.

“Ibu korban pasti psikisnya hancur. Anak dilecehkan, pelaku tak ditahan. Makanya kita mau kasih dia kepercayaan bahwa pelaku dihukum sesuai hukum yang berlaku,” lanjutnya.

IMG 20220920 WA0010

Ia berharap dengan adanya pertemuan ini dengan para pihak terkait, orang tua Korban merasa lega dan percaya dengan lembaga dan Instansi penegak hukum.

“Ya semoga ketemu jalan keluarnya bagi orang tua korban. Kita selalu kuatkan keluarga korban,” tutupnya Me Hoa. (adv)