Tahun Ini, Dishub Bateng Tambah 231 Lampu Jalan Baru

IMG 20220916 WA0003
Foto: Kepala Bidang Perhubungan Dinperkimhub Bateng, Fernando. (Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Pemkab Bangka Tengah akan menambah 231 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) baru tahun 2022 ini, Jumat (16/9/2022).

Kepala Bidang Perhubungan Dinperkimhub Bateng, Fernando mengungkapkan lampu itu nanti akan menggunakan tenaga listrik PLN.

“Semua PJU yang baru nanti menggunakan tenaga listrik PLN karena kami tidak lagi menggunakan lampu PJU tenaga surya,” ungkapnya.

Ia mengatakan penambahan lampu itu juga bukan hanya dilakukan pada tahun ini saja tapi tahun 2023 nanti juga akan memasang 250 lampu PJU lagi.

Fernando juga mengatakan saat ini PJU di Bangka Tengah ada 1.600 dimana 1.144 berbasis PLN dan sisanya masih menggunakan tenaga surya yang tersebar di seluruh kecamatan.

Meskipun begitu, jumlah tersebut masih belum mencukupi untuk menerangi jalan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

“Misalnya kayak di Kecamatan Lubuk Besar itu yang memang masih cukup banyak kebutuhan untuk pemasangannya,” ucap Fernando.

Selain itu, disepanjang ruas Desa Penyak hingga Desa Namang juga perlu dipasang banyak lampu PJU karena kerap menjadi keluhan masyarakat.

“Sebenarnya setiap kecamatan itu pasti masih butuh PJU, terutama di jalan-jalan desa. Makanya semua wilayah kita bagi supaya pemasangannya merata,” sambung dia.

Diakuinya, pemasangan lampu PJU bukan hanya menjadi tugas dari Dishub tingkat Kabupaten.

Pasalnya ada beberapa titik yang menjadi ranah langsung dari Kementerian Perhubungan, Dishub Provinsi ataupun pemerintah desa.

“Jadi sebenarnya di pemerintah desa juga ada anggaran untuk lampu jalan. Tapi selama ini keluhan masyarakat kan selalu ke Kabupaten. Tapi setiap keluhan akan selalu kami tampung dan tetap kami koordinasikan,” terangnya.

Fernando menyebutkan, lampu PJU dari tenaga listrik PLN dianggap memiliki kelebihan daripada lampu PJU tenaga surya, salah satunya dari segi perawatan yang jauh lebih mudah dan lebih hemat.

“Untuk yang tenaga surya, perawatannya jauh lebih susah karena kita harus rutin membersihkan panel suryanya. Selain itu, spare part lampu PJU tenaga Surya juga kerap dicuri, terutama akinya,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengupayakan agar seluruh lampu PJU yang ada di Bangka Tengah diganti menggunakan lampu tenaga listrik PLN.(Erwin)

 

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas