Suramadu, Jembatan Ikonik Kebanggaan Indonesia

suramadu

Jembatan Suramadu adalah jembatan nasional terpanjang di Indonesia yang melintasi selat Madura. Jembatan ikonik dengan panjang 5.438 meter menjadi penghubung Pulau Jawa dan Pulau Madura.

Tidak hanya wisata alam yang begitu memukau, Indonesia juga memiliki tempat wisata buatan yang ikonik. Di mana beberapa diantaranya merupakan bangunan yang begitu banyak menarik perhatian. Di Surabaya, terdapat sebuah jembatan yang begitu fenomenal, Jembatan Suramadu.

Baca juga: Yuk Intip Keindahan Desa Wisata pujon yang Lagi Hits dan Instagramable di Malang

Jembatan ini telah dibangun sejak tahun 2003, dimana pamornya sudah sampai ke mancanegera. Bagaimana tidak jembatan yang menjadi penghubung antar Pulau Jawa di Surabaya dengan Pulau Madura ini memiliki panjang sekitar 5438 m. Oleh sebab itu, jembatan ini didapuk sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Selain itu, Jembatan Suramadu juga menjadi yang terpanjang ketiga se Asia tenggara. Jembatan yang menghabiskan dana hingga triliyunan ini baru selesai di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bersamaan dengan peresmian itulah, Jembatan Suramadu begitu populer sebagai jembatan penghubung Surabaya – Madura.

Daya Tarik yang Dimiliki Jembatan Suramadu

suramadu

1. Menyeberang Antar Pulau Hanya 10 Menit

Berbicara mengenai daya tarik dari jembatan ikonik ini sebenarnya begitu beragam. Mengingat, jembatan ini merupakan jalur akomodasi untuk bisa menyeberang antar pulau tanpa menaiki kapal. Lewat Jembatan Suramadu inilah, hanya dalam waktu 10 menit Anda dapat sampai di seberang pulau. Otomatis perjalanan menjadi lebih singkat tanpa harus naik kapal feri.

Sebelum jembatan ini diresmikan, pengunjung yang menyeberang, entah itu dari Surabaya maupun Madura membutuhkan waktu sekitar 30 menit satu sama lain. Namun semenjak jembatan ini hadir, begitu memudahkan masyarakat yang ingin berlibur ke pulau seberang.

2. Lajur Khusus untuk Pengendara Roda Dua

Selain dijadikan sebagai jalan utama menuju Surabaya – Madura, saat pembangunan berlangsung jembatan ini juga dilengkapi dengan beberapa jalur. Di mana jalur tersebut memang diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor.

Meski beroperasi seperti teknisnya sebuah jalan tol, jembatan ini tetap bisa digunakan untuk pengendara roda. Namun memang ada jalur khusus berjumlah 4 jalur dengan lebar 3,5 meter. Jalur untuk para pengendara roda dua terletak di masing-masing sisi Jembatan Suramadu.

3. Menyajikan Suasana Romantis Malam Hari

suramadu

Tidak hanya sebagai jalur akomodasi kendaraan yang ingin melakukan penyeberangan, Jembatan Suramadu juga menjadi tempat asik untuk nongkrong. Bahkan Anda pun dapat bersantai dengan pasangan sambil menikmati semilir angin.

Selain itu, saat malam tiba deretan lampu cantik yang menghiasi jembatan akan menyela bersama. Di mana momen inilah yang seringkali ditunggu oleh wisatawan.

Kerlap-kerlip dari lampu jembatan, bersamaan dengan cuaca yang cerah seolah memberikan kesan tersendiri terhadap tempat wisata ini. Keindahan dari lampu-lampu tersebut dapat disaksikan dari berbagai sisi jembatan.

Anda bisa melihatnya dari sisi Kota Surabaya maupun Madura. Momen inilah yang akan menyajikan suasana romantis bagi pasangan yang berniat menghabiskan waktu melepas penat diantara kesibukan seharian.

4. Tiga Bagian Jembatan

Sebagai jalur penyeberangan yang menghubungkan antar pulau, dan tidak jarang pula kapal-kapal besar akan ikut melintas. Maka Jembatan Suramadu dibangun dengan tiga bagian berbeda. Di mana setiap bagiannya memiliki fungsi dan komponennya masing-masing. Untuk bagian pertama ada yang disebut Jalan Layang (causeway).

Jalan tersebut dibuat untuk memudahkan konstruksi dari jalur jembatan ke darat. Di mana kedua sisinya masih terletak di perairan yang dangkal. Jalan Layang ini terletak di kedua sisi jembatan. Yang mana dari sisi Surabaya bentangannya mencapai 1458 m, sedangkan dari sisi Madura sekitar 1818 m.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Jembatan Suramadu

suramadu

Dengan pesona jembatan juga laut yang luas, kini Suramadu todak hanya sekedar jembatan penghubung. Tapi juga menjadi tempat tongkrongan asik para anak muda. Tidak heran saat hari biasa pun, Suramadu dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai daerah.

Untuk sampai di tempat epik yang satu ini Anda bisa langsung ke Jalan Tol Suramadu Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur. Di situlah jembatan nasional itu dibangun dan berdiri kokoh hingga sekarang.

Berada di daerah kawasan pesisir Surabaya, Jembatan Suramadu dipergunakan sebagai jalur transit Surabaya – Madura. Meski letaknya cukup jauh dari kawasan Kota Surabaya, hal itu tidak menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung kesini.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas