Keindahan Bukit Moko Bandung, dengan Pesona Alam dan Lanskap Kota dari Ketinggian

bukit moko

Bukit Moko Bandung, lokasi yang menghadirkan ketenangan dengan hamparan bukit hijau dan melihat gemerlap kota Bandung dari ketinggian. Objek wisata yang cocok dikunjungi siang maupun malam hari.

Berada di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut, Bukit moko menjadi salah satu tempat tertinggi yang ada di Kota Bandung. Dengan lokasi demikian, wisata ini menawarkan pemandangan kota Bandung dari sudut pandang baru yaitu dari atas. Hamparan hijaunya kota Bandung dengan segala aktivitasnya dapat dilihat dari sini.

Baca juga: Pesona Keindahan Pantai Balekambang, Dengan Keelokan Pulau Malang

Bukit ini memiliki panorama indah yang dapat dinikmati oleh pengunjung pada siang maupun malam hari. Hamparan perbukitan yang berwarna hijau segar dengan pohon pohon rindang membuat lokasi ini sejuk jika didatangi pada siang hari. Pada malam hari, pengunjung dapat menikmati gemerlapnya kota Bandung dengan sinar kotanya.

Pengunjung dapat menjelajahi berbagai hal di Bukit Moko. Selain melihat panorama Kota Bandung, pengunjung dapat menikmati hutan pinus serta matahari tenggelam dan terbit. Selain itu, jika merasa waktu sehari kurang untuk menjelajah, Anda dapat berkemah di camping ground yang tersedia di kawasan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Moko Bandung

bukit moko

1. Hutan Pinus

Di kawasan bukit Moko, terdapat hutan pinus yang rindang. Kawasan ini menampakan deretan pohon pinus yang berjajar rapi. Pengelola telah menyediakan jalan untuk mengelilingi hutan pinus ini sehingga wisatawan yang ingin berkeliling tidak perlu kesusahan.

Deretan pohon pinus yang hijau dan menjulang di kanan dan kiri bukit mampu membuat pengunjung merasakan kesejukan. Ditambah dengan udara sejuk khas pegunungan, kawasan ini menjadi lokasi yang cocok untuk mendinginkan pikiran yang sedang panas.

2. Sunset dan Sunrise yang Cantik

Matahari jadi salah satu bagian dari kehidupan yang sangat berharga. Ia mampu memberikan apa yang manusia butuhkan dan membantu dalam segala aktifitas manusia. Tidak heran, jika kedatangan dan kepergiannya bukan hanya dijadikan penanda perubahan waktu. Namun, punya arti sendiri bagi beberapa orang.

Melihat matahari terbit dan tenggelam selalu menghadirkan kesan dalam hati. Pancaran sinar jingga yang perlahan mengenai wajah terasa begitu nikmat. Ditambah dengan suasana di Bukit Moko yang berada di ketinggian, membuat pengunjung dapat melihat keindahan ditemani dengan kesejukan suasana.

Banyak sekali penikmat matahari tenggelam yang datang untuk menikmati detik-detik matahari masuk ke peraduan. Maka, jangan heran apabila pada waktu sore hari tempat ini lebih ramai dibandingkan dengan waktu pagi atau siang.

Untuk menikmati matahari terbit, ada baiknya Anda menginap dan berkemah di bukit Moko pada malam sebelumnya. Sebenarnya, tak apa jika Anda ingin pergi pagi dari rumah..

3. Pemandangan Kota Bandung dari Atas

Ada sebuah kutipan yang sangat terkenal yang diungkapan seorang fenomenolog, psikolog, dan budayawan asal Belanda namun menghabiskan sebagian hidupnya di Indonesia. M.A.W. Brouwer pernah berkata “ Bumi Pasundan Lahir Ketika Tuhan sedang Tersenyum”.

Tempat ini memberikan kesempatan untuk siapapun yang ingin menikmati pesona hamparan bumi yang diciptakan ketika Tuhan tengah tersenyum ini. Hamparan hijau kota Bandung dengan deretan permukiman warga menjadi pemandangan yang indah untuk dinikmati. Ditambah lagi, jika cuaca cerah akan nampak ribuan bintang yang bertebaran.

Dari atas, pengunjung dapat melihat aktifitas warga di bawah sana. Jika malam hari, pemandangan ini akan ditambah dengan lampu-lampu yang berkelap-kelip. Lampu kendaraan yang berlalu lalang di jalanan kota Bandung pun akan nampak bergerak gerak mengikuti alur jalan.

4. Puncak Bukit Moko

Bukit ini memiliki puncak yang disebut dengan puncak Bintang. Puncak Bintang berada lebih tinggi dari Bukit Moko. Untuk sampai di sini hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 200 meter. Karena menuju ke puncak, tentu saja jalan yang harus dilalui adalah jalanan menanjak.

Dari atas puncak Bintang pengunjung dapat melihat hamparan perbukitan termasuk hutan pinus dan camping ground yang ada di bawah. Di sini disediakan spot untuk foto yaitu dermaga bintang. Sebuah spoot yang dibangun untuk mendekatkan pengunjung dengan hamparan gugusan bintang di langit yang berkelap kelip ketika malam hari.

5. Camping Ground

Lokasi dan suasana Bukit Moko sangat cocok digunakan untuk berkemah. Pengelola yang menyadari hal tersebut membangun fasilitas berupa camping ground yang dapat digunakan untuk berkemah.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Bukit Moko

bukit moko

Lokasi bukit cantik ini berada pada daerah yang mudah dijangkau. Selain dapat dilalui oleh kendaraan pribadi roda dua dan empat, lokasi ini dilewati pula oleh kendaraan umum. Berjarak 15 km dari kota Bandung, bukit ini beralamat di Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bukit Moko berada yang terletak di Bandung bagian utara. Jika berangkat dari kota Bandung, jalanlah menuju Jalan Padasuka yang kurang lebih dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. Tepat sebelum terminal cicaheum beloklah ke kiri.

Jalan menuju bukit relatif mulus dengan kondisi jalan naik dan berbatu. Disarankan jalan kaki untuk menuju ke atas dan Anda dapat meninggalkan motor di area parkir yang terletak di bawah.

Sebelum masuk dan menikmati keindahan alam yang disuguhkan, pengunjung yang datang dikenakan biaya untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk ini dibedakan berdasarkan pada kegiatan yang akan dilakukan di tempat ini.

Harga tiket reguler adalah Rp 15.000, sementara tiket untuk yang ingin berkemah dikenakan sebesar Rp 25.000 per orang. Bukit Moko mulai di buku pada jam 5 pagi hingga pukul 17.00 sore.