Inilah 9 Manfaat Menggunakan Mesin Cuci Bukaan Depan, Hemat Ruang Sampai Air

Mesin cuci front loading

Mesin cuci bukaan depan atau front loading tengah tren di masyarakat. Alasannya beragam. Mulai dari pertimbangan estetika sampai sejumlah manfaat menggunakan mesin cuci bukaan depan.

Mesin cuci front loading ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan mesin cuci bukaan atas. Namun, yang paling mencolok adalah dari segi perbedaan desain.

Jika mesin cuci bukaan atas akses keluar masuk pakaian yang dicuci ada di atas mesin, mesin cuci front loading justru di depan. Desain seperti ini memberikan banyak manfaat.

Baca juga: Rekomendasi 8 Makanan Khas Nganjuk Unik dan Enak

Manfaat Mesin Cuci Bukaan Depan

Setidaknya ada 9 keunggulan mesin cuci bukaan depan, berikut daftarnya untuk jadi pertimbangan Anda menggunakan mesin cuci dengan model ini.

1. Hemat ruang

Anda tidak punya banyak ruang untuk meletakkan mesin cuci? Maka dari itu, pilih saja mesin cuci bukaan depan. Sebab, mesin cuci bukaan depan bisa diletakkan di bawah meja yang cukup tinggi. Cara lain yang kini juga sedang tren adalah meletakkan mesin cuci bukaan depan di sela meja kitchen set.

Bagian atas meja atau mesin cuci bukaan depan tetap bisa Anda gunakan untuk keperluan lain, misalnya meletakkan rice cooker, dispenser kecil, dan lainnya. Sementara akses mencuci tidak akan terganggu karena keluar masuk pakaian dari bagian depan mesin cuci.

2. Hemat air

Manfaat menggunakan mesin cuci bukaan depan selanjutnya adalah hemat air. Bahkan, perbandingan penggunaan air mesin cuci bukaan depan dan bukaan atas adalah 1:3.

Pasalnya, mesin cuci bukaan depan mencuci pakaian dengan gerakan memutar secara vertikal. Gerakan ini seperti roda yang tengah berputar.

Dengan begitu, Anda hanya perlu mengisi air sekitar satu per tiga bagian mesin cuci saja. Hal ini berbeda dengan mesin cuci bukaan atas yang mencuci dengan gerakan memutar horizontal.

Gerakan ini membuat Anda harus mengisi mesin cuci sampai tiga per empat mesin, agar semua pakaian terendam, lalu mesin berputar.

3. Hemat detergen

Mesin cuci yang hemat air, tentu juga hemat detergen. Pasalnya, air yang lebih sedikit berarti Anda tidak perlu menuangkan detergen terlalu banyak untuk mengimbangi jumlah air yang diperlukan.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli detergen. Selain itu, tentu lebih ramah lingkungan karena limbah detergen lebih sedikit.

4. Hemat listrik

Manfaat menggunakan mesin cuci bukaan depan berikutnya adalah hemat listrik. Bagaimana bisa? Sebab, gerakan memutar secara vertikal membuat proses mencuci lebih cepat.

Ketika prosesnya lebih cepat, maka daya listrik yang digunakan bisa lebih sedikit. Hal ini berbeda dengan mesin cuci bukaan atas yang membutuhkan proses membilas pakaian lebih lama.

5. Hasil cucian lebih bersih

Hasil cucian mesin cuci bukaan depan dinilai lebih bersih dan aman untuk pakaian. Sebab, pakaian digerakkan seperti ‘dibanting-banting’.

Hal ini berbeda dengan mesin cuci bukaan atas konsepnya seperti berputar dan menguras pakaian, sehingga lama-kelamaan bisa merusak serat kainnya.

6. Mesin Cuci Tidak bising

Mesin cuci bukaan depan disebut lebih hening alias tidak bising. Hal ini berkaitan dengan gerakan mencuci mesin yang memutar secara vertikal.

Sementara mesin cuci bukaan atas berputar secara horizontal, sehingga membuat mesin seolah-olah mengerahkan seluruh bagian agar berputar dan menimbulkan suara yang lebih bising.

7. Teknik pencucian lebih halus

Manfaat menggunakan mesin cuci bukaan depan adalah teknik pencucian lebih halus. Dengan begitu, tidak merusak kualitas dan tampilan pakaian Anda. Teknik pencucian ini juga berkaitan dengan cara pencucian pakaian, yaitu berputar secara vertikal.

8. Mode otomatis

Mesin cuci bukaan depan punya berbagai mode yang memungkinkan proses mencuci dilakukan secara otomatis dari awal sampai akhir. Mulai dari mencuci sampai mengeringkan.

Hal ini berbeda dengan mesin cuci bukaan atas yang terkadang mode mencucinya harus dilakukan satu per satu. Misalnya mencuci dulu, setelah itu harus menekan mode mengeringkan dan lainnya.

Dengan mode otomatis ini, Anda bisa bekerja dengan lebih efisien. Sebab, tidak perlu sebentar-bentar memperhatikan cucian pakaian Anda, sehingga bisa disambi untuk mengerjakan pekerjaan rumah lainnya alias lebih multitasking.

9. Ramah bagi pengguna kursi roda

Hal ini sebenarnya plus-minus mesin cuci bukaan depan. Bagi Anda yang tidak menggunakan kursi roda, mungkin harus membungkuk ketika memasukkan cucian ke dalam mesin.

Sementara pengguna mesin cuci bukaan atas tidak perlu menunduk, tinggal memasukkan cucian dengan mudah. Namun bagi pengguna kursi roda, tentu akan lebih mudah memasukkan cucian dengan mesin cuci bukaan depan karena tinggi yang setara.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas