Fokus Porprov Babar, KONI Bateng Bagi Dua Kelompok Atlet

IMG 20220620 WA0001 1
Foto: Ketua KONI Bateng, Yasir.(ist)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bangka Tengah membagi dua kelompok atlet untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Bangka Barat 2023 nanti.

Ketua KONI Bangka Tengah, Yasir mengatakan dua kelompok ini disiapkan untuk Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah).

“Pelatda ini ada untuk atlet unggulan dan atlet potensial,” ungkapnya kepada intrik.id, Jumat (23/9/2022).

Ia mengatakan pendataan atlet-atlet itu sendiri sudah dilakukan sejak 2021 lalu, sementara Pelatda sudah dilakukan sejak Februari 2022.

“Ada sekitar 50 nama atlet yang akan ikut di Porprov nanti. Ada 20 cabor yang dilombakan, kita akan turun semua tapi ada beberapa nomor yang tidak kita kirimkan,” tegasnya.

Yasir mengutarakan, hal itu dilakukan sebagai salah satu langkah atau strategi untuk memprioritaskan atau memaksimalkan nomor-nomor cabor yang memang dianggap memiliki potensi yang besar untuk memperoleh medali.

Lanjut dia, saat ini para pelatih masing-masing cabor sedang rutin melakukan pembinaan dan Training Center (pemusatan latihan) termasuk penguatan fisik atlet.

Yasir mengungkapkan bahwa ada lima cabor yang menjadi unggulan dari kontingen Bangka Tengah.

“Untuk jenis-jenis cabor apa saja, tidak bisa kami sampaikan karena itu adalah bagian dari strategi kami untuk memperoleh medali,” ungkapnya.

Di samping itu, Yasir mengucapkan rasa terima kepada pemerintah daerah yang telah mengalokasikan dana sekitar Rp1,2 miliar.

“Kalau kita berbicara cukup atau enggaknya ya kita cukup-cukupi saja. Yang pasti kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Bangka Tengah,” sambung dia.

Meski demikian, dirinya tidak memungkiri jika memang anggaran tersebut masih kurang, karena anggaran tersebut tidak cukup untuk pemenuhan gizi para atlet.

“Tapi kami tetap lakukan penyusunan skala prioritas, terutama terhadap cabor-cabor yang punya track record prestasi yang bagus. Dan InsyahAllah apapun yang dibutuhkan, kami siap support,” terangnya.

Untuk itu dia berharap, di tahun 2023 nanti, anggaran tersebut bisa ditambah oleh Pemkab Bangka Tengah sehingga hasil yang didapatkan pun lebih optimal.

Namun diluar permasalahan anggaran, Yasir mengaku bahwa pihaknya bersama dengan para atlet akan memberikan yang terbaik sehingga Bangka Tengah bisa menjadi juara umum.

“Target kita tentunya bisa menjadi juara umum, atau paling tidak kita bisa mempertahankan juara umum 3 sama seperti di Porprov sebelumnya,” pungkasnya.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas