Bersama BPS, Pemkab Bangka Tengah Komitmen Sukseskan Regsosek

IMG 20220920 WA0010 1

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Tengah bersama Pemkab Bangka Tengah komitmen untuk menyukseskan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), Selasa (20/9/2022).

Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Tengah, Sugianto mengatakan, kelengkapan Regsosek ini membuka peluang pemanfaatan yang luas. Tidak hanya program perlindungan sosial yang tepat sasaran, melainkan data Regsosek yang lengkap ini akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan.

“Dengan potensi pemanfaatan yang luar biasa besar, pengembangan Regsosek harus komprehensif, tidak hanya berhenti di pendataan awal saja, melainkan juga harus terus berkesinambungan dan menyeluruh. Kita juga harus mengoptimalkan pemanfaatan Regsosek dalam setiap perencanaan dan implementasi program pembangunan,” ucap Sugianto, saat Rapat Koordinasi Daerah di Soll Marina Hotel & Conference Center Bangka,

Sebagai langkah strategis dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia, menurut Sugianto, pengembangan Regsosek ini membutuhkan upaya dan jalinan komitmen serta kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah dan juga desa/kelurahan.

“Harapannya juga ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan target serta capaian yang diinginkan. Oleh karena itu tentu kita butuh kolaborasi serta support secara bersama-sama agar Regsosek ini dapat kita manfaatkan untuk Membangun Negeri dan khususnya membangun Bangka Tengah,” harapnya.

Dirinya juga meminta kepada para Kades dan Lurah agar bisa menjadi motor penggerak, karena pendataan terkait Regsosek ini dimulai dari tingkat desa/kelurahan sehingga dibutuhkan kerja sama serta dukungan dari mereka.

Sementara itu, Kepala BPS Bateng, Rizanal Mahmudin menjelaskan, dalam menjalankan pendataan pelaksanaan Regsosek ini akan disaring dengan sebaik-baiknya, agar tidak ada data yang ganda ataupun terlewatkan.

Rizanal juga mengatakan, Resosek ini sebagai pondasi kuat yang dilakukan dengan kolaborasi serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait baik dari pemerintah kabupaten maupun provinsi.

“Dari pertemuan ini juga diharapkan muncul dukungan penuh dari Kades/Lurah sehingga pelaksanaan Regsosek mendapatkan data yang valid dan akurat,” ungkapnya. (erwin)

Dalam hal ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama oleh Plh. Bupati Bateng, Forkopimda Bateng, Koordinator Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala BPS Bangka Tengah serta Kepala OPD dan Kades/Lurah. (erwin).

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas