Bensin Naik, Jangan Panik! Berikut 4 Cara Menghemat Bensin Biar Lebih Irit

Bensin Naik

Harga Bensin naik pada tanggal 3 September 2022, PT. Pertamina resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Kenaikan harga ini, membuat pengeluaran para pengguna Pertamax menjadi meningkat. Sebagai solusi, para pengguna kendaraan bermotor harus menerapkan cara menghemat bensin.

Dengan melakukan penghematan penggunaan BBM, harapannya pengeluaran rumah tangga tetap stabil. Nah, bagaimana cara untuk menghemat penggunaan bensin? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Bahan Bakar Pertalite Bakal Mahal, Kenali 6 Ciri Mobil Boros Bahan Bakar

Cara Menghemat Bensin Motor

Motor merupakan kendaraan roda dua yang kini banyak digunakan masyarakat Indonesia. Kendaraan ini dinilai praktis dan cocok untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi. Kenaikan harga BBM turut mempengaruhi pengguna motor.

Maka dari itu, pengguna motor juga harus melakukan penghematan penggunaan bensin agar pengeluarannya tidak bengkak. Beriku ini beberapa cara menghemat bensin untuk pengendara motor.

1. Perhatikan kondisi motor

Kondisi motor yang baik merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang penghematan penggunaan bahan bakar. Maka dari itu, sebelum mengendarainya pastikan Anda telah mengecek seluruh bagian motor. Pastikan tekanan ban dalam keadaan normal.

Pasalnya, jika ban kekurangan angin, maka tarikan motor menjadi lebih berat. Hal ini bisa meningkatkan penggunaan bensin. Tak hanya itu, rutin melakukan perawatan seperti mengganti oli dan membersihkan filter udara juga bisa membantu menghemat bensin. Karena saat motor terawat, tarikan motor menjadi optimal dan konsumsi bensin tidak terlalu banyak.

2. Berkendara dengan baik

Selain memperhatikan kondisi motor, cara menghemat bensin motor juga dengan menerapkan tata cara berkendara yang baik. Apabila Anda berkendara secara agresif dengan bukaan gas dan pengereman tidak teratur, maka akan membuat bensin motor menjadi sangat boros.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah kendaraan anda dengan cara halus. Misalnya dengan membuka gas perlahan dan menjaga kecepatan agar tetap konstan. Jika tidak diperlukan, sebaiknya hindari pengereman mendadak karena hal ini bisa memicu penggunaan bensin yang semakin boros.

3. Tidak membawa barang melebihi kapasitas kendaraan

Penghematan bensin juga perlu dilakukan oleh pengguna motor matic. Pasalnya, motor jenis ini terkenal lebih boros bensin dibandingkan motor manual. Salah satu cara menghemat bensin motor matic yaitu dengan menggunakan kendaraan sesuai kapasitasnya.

Perlu dipahami bahwa, motor yang overload bisa membuat mesin menjadi lebih berat dan membuat penggunaan bensin menjadi lebih boros. Selain itu, kondisi ini juga dapat membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lain.

4. Memanfaatkan teknologi dan fitur fungsional

Saat ini terdapat teknologi dan fitur fungsional di kendaraan bermotor yang dapat dimanfaatkan untuk mengontrol penggunaan bahan bakar. Diantaranya yaitu fitur Stop & Start System dan Eco Riding. Fitur tersebut akan memberikan informasi kepada pengendara bahwa kendaraan yang sedang digunakan dalam kondisi hemat bahan bakar.

Cara Menghemat Bensin

Mobil Tak hanya pengendara motor, kenaikan harga Pertamax juga turut mempengaruhi pengguna mobil. Maka dari itu, para pengguna kendaraan roda empat ini harus memutar otak untuk menghemat penggunaan bahan bakar kendaraannya.

Cara menghemat bensin mobil sebenarnya cukup mudah. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Melakukan service kendaraan secara rutin

Rutin melakukan service kendaraan menjadi cara yang cukup ampuh dalam menghemat penggunaan bensin. Dengan sering service kendaraan, maka saluran bahan bakar dan komponen penting lainnya akan terjaga dengan baik.

Hal ini bisa membuat penggunaan bensin menjadi lebih efisien. Setidaknya lakukanlah service kendaraan setiap tiga bulan sekali atau saat penggunaan mobil mencapai 5000 km.

2. Menjaga tekanan angin ban

Kondisi tekanan angin pada ban mobil bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Tekanan angin yang kurang, bisa membuat tekanan gulir membesar dan menyebabkan penggunaan bensin semakin boros. Umumnya, tekanan angin ban kendaraan akan berkurang sekitar dua psi setiap bulan walaupun tidak digunakan.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memeriksa kondisi ban kendaraan. Selain untuk menghemat penggunaan bahan bakar, kondisi ban yang prima juga akan membuat aktivitas berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

3. Optimalkan penggunaan AC

AC merupakan komponen penting di mobil yang berguna untuk mendinginkan udara dalam kendaraan tersebut. Perlu dipahami bahwa saat AC dinyalakan, maka tenaga mesin akan digunakan oleh sistem AC hingga 5 PK. Tenaga mesin diperlukan untuk menggerakan kompreosis dan sistem yang terhubung ke AC.

Supaya penggunaan tenaga mesin efektif, maka sebaiknya jangan menyalakan AC saat udara panas. Optimalkan juga kinerja AC dengan mematikan switch AC saat memerlukan engine power, misalnya ketika mobil melalui jalan menanjang.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur economy mode yang akan membuat beban kompresor berkurang. Dengan demikian, penggunaan bensin menjadi lebih terkontrol.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas