Belasan Ribu Masyarakat Bangka Tengah dan Basel Turut Meriahkan Jalan Sehat di Koba

IMG 20220910 WA0003
Foto: Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman (kanan) saat menyapa warga. (Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Belasan ribu masyarakat turut mengikuti pesta rakyat dan jalan sehat di Kota Koba, Bangka Tengah, Sabtu (10/9/2022).

Bukan hanya dari Bangka Tengah saja, tapi juga masyarakat dari Bangka Selatan turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Tugu Ikan menjadi titik mulainya acara itu dan finish di alun-alun Kota Koba dimana langsung dibuka oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman.

“Ini adalah pesta rakyat dan peringati hari lingkungan hidup sedunia. Jadi sembari jalan sehat kita juga punguti sampah untuk jaga lingkungan kita,” ucapnya.

Algafry juga menyebutkan, acara ini sangat disambut antusias oleh masyarakat.

“Saya lihat ada belasan ribu orang. Antusiasnya luar biasa. Bangka Tengah pasti Semakin Unggul,” ujarnya.

Sementara itu Ela (34) warga Kurau mengatakan, dirinya sangat antusias lantara ada doorprize yang disediakan.

“Saya cuma incer doorprize aja. Saya bawa anak dan suami saya. Bismillah dapat,” ucapnya.

Ela pun mengungkapkan, dirinya sangat senang karena acara seperti ini sudah lama tidak diadakan.

“Udah lama gak ikut kayak gini. Pasti seru. Kangen ada acara kayak gini,” jelasnya.

Selain Ela, Ruhyah (29) warga Air Bara juga ikut meramaikan acara tersebut.

“Mumpung deket, selain weekend ikut. Mana tau dapat doorprize, ” ucapnya sembari tertawa.

Selain jalan sehat, ada juga perlombaan yang diadakan di alun-alun kota Koba.

Ada 9 Cabang Lomba yang disuguhkan guna memberikan keceriaan bagi warga. Salah satunya lomba Ngelempah Kuning Ikan Bang Ayi dan terbagi 2 kategori yakni laki-laki dan perempuan.

Ketua Komunitas Bangka Tengah Hijau Budi Randa Hutagalung mengatakan lomba Ngelempah Kuning Ikan Bang Ayi ini akan menjadi lomba yang terseru dan ikonik karena merupakan sebuah gerakan kampanye akan kuliner khas Bangka Belitung.

“Perlombaannya mulai panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, gigit koin, lomba air, mengingat kata, lari sarung, suap pisang dan Ngelempah kuning yang bisa dikatakan menjadi ikon dan mengkampanyekan kuliner kearifan lokal,” ungkapnya.

Hadiah yang diperebutkan peserta Ngelempah Kuning Ikan berupa uang tunai yaitu Rp 1.5 juta rupiah juara I, Rp 1 juta rupiah juara II dan Rp 500 ribu rupiah juara III untuk masing-masing kategori.

“Panitia menyakini peserta yang ikut lomba, bukan hanya mau hadiah saja, tapi lebih pada kemanfaatan kedepan jika ingin berbisnis kuliner serta kebahagian bersama-sama tim ditengah-tengah seluruh warga yang hadir,” jelas Budi.

Sementara itu ketua panitia lomba memasak lempah kuning Siska mengatakan bahan utama ikan bulet karena memiliki kandungan protein dan lemak yang baik serta banyak di Provinsi Bangka Belitung.

“Bahan lomba memasak lempah kuning disediakan oleh panitia untuk di olah peserta, juga diberi waktu 45 menit untuk olah menjadi menu lempah kuning siap saji,” jelas Siska

Adapun kategori penilaian juri lomba lempah kuning yaitu cita rasa, kebersihan, kekompakan, kostum dan seni penyajiannya,” tandasnya.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas