Algafry Tak Menyangka Lempah Amang-amang Bangka Tengah Enak

IMG 20220910 WA0012
Foto: Bupati Bangka Tengah saat memberikan hadiah kepada para pemenang. (Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Kelurahan Koba berhasil menjadi juara lomba Lempah Kuning Bang Ayi kategori Bik-bik (perempuan).

Sementara di posisi kedua diisi oleh Kelurahan Simpang Perlang, dan Kelurahan Arung Dalam di posisi ketiga.

Namun untuk kategori Amang-amang (laki-laki), Kelurahan Arung Dalam berhasil menjadi juara pertama diikuti Kelurahan Koba dan Berok di posisi kedua dan ketiga.

Lomba yang diadakan di Alun-alun Kota Koba itu diikuti oleh 6 kelurahan yang mana merupakan salah satu rangkaian acara pesta rakyat.

“Lombanya diikuti kelurahan Koba, Berok, Arung Dalam, Simpang Perlang, Padang Mulia dan Desa Nibung kategori Bik-Bik dan Amang-Amang,” ungkap Budi Randa selaku Ketua Acara kepada intrik.id, Sabtu (10/9/2022).

Ia mengatakan juara 1 akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1,5 juta, juara 2 Rp 1 juta dan juara 3 Rp 500 ribu.

“Hadiahnya ini berlaku untuk semua kategori baik Bik-bik maupun Amang-amang,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menuturkan, dirinya sangat senang dengan antusias masyarakat yang ikut lomba tersebut.

“Bik-bik ada, amang-amang juga ada. Saya sangka hanya bik-bik saja yang enak ngelempah (masak lempah-red) , ternyata amang-amang pun sama (enaknya-red),” tuturnya.

Ia juga mengatakan, peserta yang ikut sangat kreatif dan rasa masakannya khas dan berbeda beda.

“Lempah nih emang beda tiap kelurahan atau desa. Terus tadi baju dan hiasannya keren-keren,” ucap Algafry.

Ditempat yang sama Pina Jayati, Ketua Regu Kelurahan Koba kategor Bik-Bik yang berhasil memenangkan juara 1 mengatakan, dirinya bersama tim tidak menyangka bisa menjadi juara 1.

“Yang lain bagus-bagus dan juga enak-enak. Siapa yang nyangka jadi juara 1. Bersyukur dan sangat senang sekali kami,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan, ini untuk membuktikan bahwa masakan orang-orang Koba itu khas dan enak.

“Kemenangan ini tentunya untuk masyarakat Koba ya. Jadi kita tau bahwa setiap daerah punya rasa khas dan cita rasa sendiri dalam lempah kuning,” tuturnya.

Selain itu, Beben yang merupakan juara 2 dan ketua grup kategori Amang-Amang mengatakan, pihaknya sudah berusaha keras dan sangat senang bisa ikut lomba seperti ini.

“Juara 2 ya tidak masalah. Yang penting kekeluargaan dan bisa meramaikan acara ini. Ini adalah acara untuk menyambung tali silahturhami,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya sangat senang jika acara seperti ini bisa rutin diadakan.

“Lempah kuningkan khas Bangka. Siapa tau nanti lombanya bisa tingkat Provinsi bahkan nasional untuk kenalkan kepada semuanya lempah kuning. Pokoknya kami sangat senang bisa ikut apalagi juara 2,” ungkapnya.(Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas