9 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Peram di Beras sampai Silica Gel

HP kemasukan air

HP kemasukan air terkadang langsung panik saat hp-nya terkena tumpahan air atau bahkan terendam ke ember air hingga kolam renang. Hal ini dikhawatirkan akan merusak hp.

Tenang, sebab ada cara mengatasi hp kemasukan air. Caranya pun beragam tergantung seberapa banyak air yang mengenai hp.

Setelah hp jatuh terendam air, hal yang pertama dilakukan kebanyakan orang pasti mencari cara mengatasi hp kemasukan air. Beberapa handphone (hp) canggih memang sudah dilengkapi fitur yang tahan air.

Di sisi lain, masih banyak handphone yang tidak dilengkapi fitur seperti itu.

Jika sewaktu-waktu handphone tersebut terkena air atau terendam, biasanya kita langsung panik saat mendapatinya mati total.

Baca juga: Bahan Bakar Pertalite Bakal Mahal, Kenali 6 Ciri Mobil Boros Bahan Bakar

Padahal, tak perlu buru-buru membawa hp ke tukang reparasi. Kalian hanya perlu mengikuti cara mengatasi hp kemasukan air. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Ketika handphone terendam air, hal yang akan terjadi air berubah menjadi kryptonite ponsel saat masuk ke port, jack, dan speaker.

Begitu masuk, air mengalir ke bagian-bagian handphone. Air yang bertindak sebagai konduktor, membawa arus yang kemudian membebani ponsel dengan energi.

Terkadang, air mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai komponen yang rentan.

Itu sebabnya terkadang ketika handphone terendam air tidak terjadi apa pun, tetapi keesokan harinya handphone akan mati total.

Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut cara mengatasi hp kemasukan air.

1. Langsung Ambil HP dan Selamatkan

Cara mengatasi hp kemasukan air yang pertama adalah selamatkan dan ambil handphone tersebut. Semakin lama handphone terendam air, maka semakin besar kemungkinan air masuk dan merusaknya.

Segera keluarkan ponsel Moms dari air dan ada kemungkinan besar akan baik-baik saja atau bisa terselamatkan.

2. Segera Matikan dan Bongkar Handphone

Cara mengatasi hp kemasukan air yang selanjutnya adalah matikan dan bongkar. Sekejap setelah handphone terkena atau terendam air, langsung matikan dan jangan dinyalakan dulu. Jika handphone masih hidup, matikan saja.

Setelah itu, segera lepaskan baterai dari tempatnya. Tujuannya adalah agar komponen yang ada di dalam handphone tidak mengalami korsleting yang menyebabkan handphone tidak akan menyala lagi untuk selamanya.

Selain itu, bagian dari handphone lainnya yang harus dikeluarkan adalah kartu memori, SIM Card, serta casing handphone.

Ini berguna untuk mempercepat proses pengeringan dan mengeluarkan sisa air yang masih menempel pada handphone kita.

3. Goyangkan HP

Cara mengatasi hp kemasukan air selanjutnya, goyangkan perangkat dengan lembut. Dengan cara ini Anda dapat membuang air yang tersangkut di jack handphone, port pengisian daya, dan lain-lain. Jika Anda memiliki penyedot debu, gunakan dari jarak yang aman atau gunakan peniup.

4. Jangan Gunakan Pengering Rambut

Beberapa orang menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan air. Padahal jangan mencoba mengeringkan ponsel dengan pengering rambut.

Panas dari pengering dapat merusak komponen internal handset secara permanen dan dapat melelehkan beberapa bagian dari handphone.

5. Jangan Masukan ke Dalam Freezer

Cara mengatasi hp kemasukan air yang sering dilakukan dan merupakan tindakan yang salah adalah memasukan handphone ke dalam freezer.

Padahal cara tersebut bisa membuat air yang terdapat di dalam handphone tidak keluar dan membeku. Hal ini berisiko handphone akan mati total.

6. Membantu Proses Pengeringan

Jangan terburu-buru membawa handphone kita ke tukang reparasi. Setelah tadi mematikan handphone dan mengeluarkan semua isinya, cara mengatasi hp kemasukan air yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengeringkannya dengan menggunakan kipas angin, tisu atau kain yang kering dan bersih.

Cara mengatasi hp kemasukan air juga bisa membantu mempercepat proses pengeringan air dan membersihkan noda yang ada di handphone sekaligus.

7. Gunakan Silica Gel

Cara mengatasi hp kemasukan air juga dapat mengisi kantong plastik dengan paket silica (paket kecil yang Moms temukan di kotak sepatu) dan memasukkan ponsel ke dalamnya.

Silica adalah pengering yang menyedot kelembapan air, sehingga sangat cocok untuk mengeringkan smartphone yang basah.

Anda bisa meninggalkan ponsel di dalam mangkuk atau tas berisi silica gel selama sekitar 3 hari untuk memastikan bahwa semua kelembapan telah hilang.

8. ‘Rendam’ Handphone di Dalam Beras

Untuk memastikan agar handphone tadi benar-benar kering, Anda juga bisa memanfaatkan butiran beras, lho. Seperti saat kita menggenggamnya, beras bisa menimbulkan rasa hangat atau panas jika kelama-lamaan dipegang.

Nah, efek panas ini sangat bagus untuk menyerap cairan di dalam handphone yang terendam air. Jadi, gunakan baskom, kotak makan, atau wadah lainnya untuk menyimpan handphone sementara di dalam beras.

Pastikan handphone tersebut tenggelam di antara beras dan diamkan selama 24-48 jam.

Jangan coba-coba untuk menyalakannya, ya! Setelah beberapa hari, keluarkan handphone dari dalam beras. Pasti bisa nyala kembali.

9. Pasang Kembali Komponen Handphone

Setelah dikeluarkan dari dalam beras, pasang kembali semua komponen atau bagian yang tadi dilepaskan. Lalu setelah itu, sebelum benar-benar dinyalakan, isi daya handphone dengan charger.

Jika indikator pengisian baterai handphone menyala, itu artinya handphone Moms sudah kembali normal dan siap digunakan kembali. Tetap waspada terhadap perilaku aneh, setidaknya selama beberapa hari. Juga, uji semua komponen.

Lakukan panggilan untuk melihat apakah mikrofon dan earphone berfungsi, menguji speaker. Jika semuanya berfungsi, selamat cara mengatasi hp kemasukan air berhasil!

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Ada beberapa tindakan tidak boleh dilakukan karena dapat merusak handphone. Anda sebaiknya berhati-hati dengan apa yang dilakukan.

Berikut ini cara mengatasi hp kemasukan air yang salah:

  • Jangan nyalakan handphone. Komponen listrik tidak cocok dengan air saat beroperasi.
  • Jangan pasang juga komponen handphone, agar tidak terjadi konsleting.
  • Jangan tekan tombol apa pun. Ini dapat mendorong air lebih jauh ke dalam telepon.
  • Jangan tiup ke dalam perangkat. Ini juga dapat mendorong air ke area ponsel yang lebih dalam. Terutama cobalah untuk menghindari pengering rambut.
  • Jangan berikan panas apa pun ke ponsel. Ingat panas yang berlebihan juga dapat merusak ponsel.
Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas