8 Cara Mengatasi Layar HP Suka Bergerak Sendiri

layar hp

Layar HP bergerak sendiri, adalah salah satu masalah yang dapat terjadi di LCD HP. Masalah ini dapat muncul ketika kamu sedang beraktivitas menggunakan HP.

Bahkan biasanya ketika didiamkan pun layar bisa tetap bergerak sendiri, sehingga bisa mengganggu aktivitas kamu. Secara umum, penyebab layar HP bergerak sendiri seperti:

  • HP mengalami overheat
  • Ada bug di sistem
  • Output charger tidak cocok untuk HP (tidak ori)
  • Layar HP bermasalah

Nah kalau kamu sedang mengalami masalah ini, berikut Uplotify akan jelaskan cara mengatasi layar HP bergerak sendiri dengan lengkap.

Baca juga: Inilah 8 Tips dan Cara Memilih Laptop Terbaik & Bagus (Terbaru 2022)

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Secara garis besar, mengatasi layar HP bergerak sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu memperbaiki sistemnya atau komponennya yang bermasalah.

Kalau masalahnya ada di sistem, biasanya masih bisa kamu atasi dengan mudah. Namun kalau masalahnya di komponen, maka kamu perlu menggantinya supaya bisa normal kembali.

1. Matikan HP Sementara

Salah satu penyebab layar HP bergerak sendiri adalah karena overheat atau mengalami panas berlebihan.

Maka dari itu kami sarankan untuk matikan HP kamu sementara, selama 3 – 5 menit misalnya. Supaya HP bisa menyegarkan sistemnya dan bisa membuat suhunya kembali normal.

Selain itu, cara ini juga biasanya berfungsi kalau HP kamu mengalami bug pada sistem.

2. Memakai Aplikasi Partial Screen

Kemudian kamu juga bisa mengatasi masalah layar bergerak sendiri dengan memakai aplikasi Partial Screen. Kalau belum tahu, Partial Screen adalah aplikasi yang berfungsi untuk memindai layar bergerak sendiri.

Kalau ditemukan suatu error, maka Partial Screen akan memperbaikinya secara otomatis.

Sebelumnya pastikan kamu sudah mengecek layar HP. Kalau saat pengecekan normal, kamu bisa memakai Partial Screen dengan langkah berikut ini:

  1. Install dulu aplikasi Partial Screen di Google Playstore.
  2. Setelah proses instal selesai, buka aplikasi Partial Screen.
  3. Kemudian klik Dapatkan Izin untuk memperbolehkan Partial Screen memindai layar HP yang bermasalah.
  4. Kalau sudah, nantinya proses pemindaian akan langsung dilakukan.
  5. Lalu klik menu Area Manajer untuk melihat lokasi layar yang bermasalah.
  6. Misal ada masalah, akan muncul beberapa warna tepat di posisi layar yang bergerak sendiri.
  7. Klik Hapus Semua untuk memblokir posisi layar yang bergerak sendiri.
  8. Selesai.

Nantinya posisi layar yang terdeteksi bergerak sendiri akan mati. Sehingga kamu tidak bisa melakukan touch di area tersebut.

3.Memakai Aplikasi Touchscreen Calibration

Seiring pemakaian, biasanya respon pada touchscreen HP menjadi lebih lambat. Sehingga bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti layar HP tidak bisa ditekan atau bergerak sendiri.

Untuk masalah ini, kamu bisa atasi dengan melakukan kalibrasi layar sentuh. Supaya sistem bisa mengenali sentuhan dengan akurat kembali.

4. Kurangi DPI di Opsi Developer

DPI atau Dot Per Inch adalah istilah dari ukuran kepadatan layar yang diukur dengan titik per inci. Secara default, DPI ini sudah diatur untuk menyesuaikan dengan layar HP.

Namun kalau layar HP bermasalah, kamu bisa kurangi kepadatan DPI ini untuk meminimalisir terjadinya layar bergerak sendiri lewat opsi Developer.

5. Dinginkan HP Sementara

Selanjutnya kalau kamu merasakan suhu HP panas (overheat), sebaiknya HP segera dinginkan lebih dulu.

Karena overheat ini bisa menurunkan kinerja semua komponen HP atau membuatnya jadi error. Termasuk masalah layar yang bergerak sendiri.

Bahkan di jangka waktu tertentu, selain bergerak sendiri, panas ini juga bisa membuat masalah lain yang lebih berat. Seperti muncul garis pada layar HP.

Untuk mendinginkannya, kamu bisa restart atau matikan HP sementara waktu. Lalu diamkan selama beberapa menit sampai suhu HP sudah tidak panas.

6. Pastikan Charger HP Sesuai

Setiap charger biasanya memiliki tegangan output berbeda-beda. Maka dari itu, disarankan untuk memakai charger HP yang sesuai, terutama charger original.

Karena kalau charger yang kamu pakai punya tegangan output yang tidak sesuai, bisa menyebabkan masalah pada HP. Termasuk layar yang suka gerak sendiri. Bahkan terparahnya merusak IC dari perangkat tersebut.

Kalau charger ori kamu rusak, disarankan untuk membeli charger dengan tegangan output yang sama. Lalu pastikan kualitas chargernya cukup baik supaya tidak mudah rusak.

7. Bersihkan Layar (Dengan Odol)

Layar kotor seperti noda minyak atau debu biasanya bisa mempengaruhi sensitivitas layar HP. Bahkan terkadang menimbulkan masalah layar HP bergerak sendiri.

Karena sensor touchscreen menangkap kalau noda tersebut merupakan sentuhan, sehingga bisa menyebabkan masalah tersebut.

8. Lepas Screen Protector

Biasanya kita memakai screen protector untuk menambah keamanan pada layar supaya terhindar dari goresan.

Namun dalam kondisi tertentu, pemasangan screen protector ini bisa saja tidak sesuai. Misalnya terdapat kotoran atau bahkan memasangnya tidak pas ke layar.

Sehingga hal ini bisa menyebabkan masalah, salah satunya seperti layar HP bergerak sendiri. Untuk mengatasinya, kamu bisa lepas screen protector lalu pasang kembali.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas