5 Makanan Khas Mojokerto yang Terkenal dan Wajib Dicoba

mojokerto

Tempat wisata yang paling terkenal di Mojokerto bahkan di seluruh Provinsi Jawa Timur adalah pemandian air panas yang terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Selain destinasi wisata zona berendam air panas, kawasan yang dekat dengan Kota Surabaya ini memiliki makanan khas Mojokerto yang siap menggoyang lidah dan mengoyak perut Anda.

Baca juga: Rekomendasi 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Terkenal Enak dan Wajib Dicicipi

Beragam jenis hidangan khas area tersebut di dominasi makanan ringan, sehingga para wisatawan bisa membelinya untuk bekal sebagai camilan saat perjalanan. Selain itu, kudapan tersebut sangat cocok buat buah tangan untuk mempererat hubungan.

Berbagai olahan makanannya, baik makanan berat maupun ringan menggunakan bumbu rempah pilihan dan bahan lainnya, sehingga rasa gurih, manis, asam dan pedas selalu terasa di lidah.

1. Sambel Wader

mojokerto

Apabila Anda dan keluarga sedang berada di Mojokerto, atau sekedar melintas dan ingin mengisi perut yang lapar, cobalah makanan khas Mojokerto bernama sambel wader. Hidangan tersebut sangat istimewa dan menjadi idola penduduk lokal maupun wisatawan. Bahan utama racikan menu ini yaitu dari ikan wader yang digoreng kering.

Sedangkan sambel nya terbuat dari bumbu rempah pilihan, jeruk nipis, cabai merah besar, cabai rawit, dan buah tomat besar. Berbagai bahan tersebut di tumis terlebih dahulu, lalu dihaluskan dengan cara di ulek.

Setelah ikan wader dan sambal sudah siap, bahan pelengkap hidangan ini adalah timun, kubis dan seledri. Rasakan sensasi rasa gurih, sedikit asin dan pedas menyatu dalam makanan tersebut, dicampur nasi hangat semakin nikmat dan mantap.

2. Botok Tempe

MOJOKERTO

Makanan berikutnya ialah terbuat dari bahan yang sederhana, namun rasanya sangat istimewa. Menu tersebut bernama botok tempe, olahan ini menggunakan bahan baku dari tempe dan dicampur dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu rempah pilihan. Selain itu, bahan pelengkap sebagai teman tempe yaitu udang kecil, ikan teri, dan tahu.

Hidangan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang ini lebih mantap saat disantap menggunakan nasi jagung. Namun nasi putih panas atau hangat juga sangat cocok berkolaborasi dengan botok tempe tersebut. Menu favorit orang pedesaan ini mempunyai cita rasa gurih dan pedas, tambahkan kerupuk saat menyantap makanan ini.

3. Sate Keong

mojokerto

Sate yang populer di telinga dan lidah masyarakat Indonesia yaitu sate ayam dan sate daging, namun ada makanan khas Mojokerto yang unik dan menarik bernama sate keong. Bahan dasar membuat menu ini adalah dari keong atau sejenis kerang yang hidup di sawah.

Cara membuatnya juga tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya yaitu bersihkan keong terlebih dahulu dan pisahkan daging keong dari cangkang nya.

Setelah itu, tusuk daging keong sebagaimana menusuk sate, berikutnya rendam ke dalam bumbu cair yang sudah disiapkan, lalu panggang dengan menggunakan arang hingga matang. Hidangan ini menggunakan bumbu kacang dan sedikit kecap sebagaimana sate daging dan ayam. Akan tetapi, cita rasa pada sate keong yaitu dominasi rasa gurih, sedikit manis dan pedas.

4. Gulai Entok

mojokerto

Pada saat berada di Mojokerto, Provinisi Jawa Timur dan kondisi sedang lapar, asupan kuliner khas Mojokerto yang perlu dicoba adalah gulai entok. Bahan utama membuat menu ini yaitu dari daging entok, sehingga tekstur tebal dan lembut melekat dan menjadi ciri khas entok tersebut. Selain itu, cita rasa gurih juga selalu menempel dalam hewan yang bernama lain itik ini.

Sehingga makanan berat ini menjadi salah satu hidangan favorit penduduk lokal maupun wisatawan. Apalagi jika diolah menjadi gulai dengan bumbu rempah pilihan khas Mojokerto yang kental dan berminyak, sehingga tercipta rasa gurih solid dan pedas dalam makanan ini. Pada saat mengkonsumsi hidangan tersebut, anda tidak akan terasa eneg, siapkan nasi putih untuk menemani gulai entok ketika menyantap nya.

5. Kerupuk Upil

mojokerto

Makanan khas Mojokerto ini memiliki nama lucu dan terkesan agak jorok adalah bernama kerupuk upil. Kudapan ini bukan dari kotoran yang ada di hidung, namun dinamakan kerupuk upil dikarenakan saat menyantap kerupuk ini, maka hidung akan terasa gatal dan ingin bersin. Cara menggoreng makanan ringan tersebut juga unik, yaitu menggunakan pasir.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas