5 Cara Mengatasi Mouse Tidak Berfungsi

mouse

Mouse merupakan perangkat yang sangat vital. Khususnya pada orang-orang yang menggunakan laptop sehari-hari untuk urusan desain dan gaming.

Tapi bukan tidak mungkin seiring dengan berjalannya waktu, mouse tiba-tiba mengalami kerusakan. Entah itu jadi tidak akurat, hingga mati mendadak dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Baca juga: Bikin Melongo, 4 Laptop Lenovo Gaming Murah Dengan Kualitas Terbaik 2022

Kalau sudah begini tentu kamu harus mulai mencari penyebab kerusakan serta solusinya. Tapi tenang, karena kami sudah memiliki beberapa tips mengatasi mouse yang mati.

Sedikit berbeda dengan touchpad, mouse merupakan perangkat eksternal yang tentunya terpisah dengan laptop. Hal ini membuatnya cukup rentan mengalami kerusakan, apalagi seiring dengan pemakaian yang terus menerus.

1. Cek sumber daya / baterai

Kebanyakan mouse yang dijual di pasaran saat ini adalah mouse nirkabel atau wireless. Salah satu penyebab paling sering mouse wireless mengalami gangguan hingga mati adalah kurangnya daya baterai dari mouse tersebut.

Solusi dari kami pertama-tama tentu saja dengan mencoba mengganti baterai yang digunakan oleh mouse tersebut. Tentu saja cara ini tidak berlaku untuk kamu yang menggunakan mouse kabel alias wired.

Kalau punya mouse cadangan, coba colok ke laptop, kalau dia berfungsi berarti kemungkinan mouse Anda kehabisan baterai atau rusak. Kalau tetap tidak berfungsi, berarti ada yang salah di settingan laptop.

2. Pastikan receiver dicolok

Masih berkutat dengan mouse wireless, sebagian mouse wireless yang ada saat ini masih belum bisa terkoneksi langsung dengan menggunakan bluetooth. Melainkan harus dikoneksikan dengan konektor ataupun receiver.

Oleh karena itulah, pastikan kamu sudah mencolok receiver dari mouse wireless tersebut. Kalau memang masih belum bisa kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah.

Adapun Anda yang menggunakan mouse kabel, pastikan secara fisik tidak ada kerusakan di kabel yang menghubungkan mouse ke laptop. Misalnya seperti kabel-kabel yang terkelupas (sering terjadi di ujung-ujung kabel).

Selain itu ada kemungkinan pula kerusakan terjadi di colokan bluetooth laptop. Solusinya adalah dengan coba mengganti port yang digunakan untuk mencolok mouse.

3. Pastikan setting bluetooth sudah benar

Cara ketiga juga masih berkutat dengan mouse wireless, dimana ada kemungkinan pengaturan bluetooth pada laptopmu belum benar. Nah kamu bisa coba melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah semacam ini.

  1. Klik Start > Ketik Settings Buka.
  2. Klik Bluetotth & other devices > Ubah Toggle On > Klik Add Bluetooth.
  3. Pada menu Add a device pilih Bluetooth dan lanjutkan koneksi mouse dengan laptop.
  4. Tunggu hingga icon mouse muncul, dan klik logo tersebut untuk melakukan Pairing.

4. Update driver mouse

Sama seperti kerusakan pada touchpad, kamu yang menggunakan mouse juga rentan mengalami galat atau error karena driver yang belum sesuai. Solusi untuk masalah ini bisa kamu lihat di bawah.

  1. Klik logo windows > ketik “device manager” dan buka program yang muncul.
  2. Klik Mice and other pointing device > pilih Perangkat Klik Kanan.
  3. Pilih Update Driver.

Kalau cara ini masih belum bisa memperbaiki masalah, kamu bisa pilih Uninstall device dan lanjutkan dengan Restart. Laptop secara otomatis akan melakukan instalasi driver mouse yang sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Diharapkan instalasi otomatis ini akan memperbaiki drive yang bermasalah sebelumnya. Kalau masih belum bisa menangani masalah yang ada, kamu bisa coba lanjut ke solusi berikutnya.

5. Jalankan troubleshooter hardware

Pada dasarnya menjalankan troubleshooter berarti meminta tolong kepada sistem untuk melakukan identifikasi terhadap masalah yang ada pada laptop. Dalam hal ini berarti masalah mouse yang tidak bisa digunakan. Ini langkahnya.

  1. Tekan Windows + I > Klik Updates & Security > klik Troubleshoot.
  2. Di bagian menu Hardware and Devices pilih Run the troubleshooter.

Secara otomatis sistem akan menjalankan troubleshooter untuk mencari sumber masalah. Setelah itu kamu bisa coba mencari solusi berdasarkan masalah yang ditemukan oleh sistem secara otomatis. Biasanya pun, kalau masalah teridentifikasi sistem akan menawarkan beberapa solusi.

Kamu bisa mencobanya tentu saja, dan kalau masih tidak bisa maka saran kami adalah dengan mencoba mengganti mouse yang kamu gunakan saat ini. Kalau dengan mouse yang lain bisa digunakan, maka yang bermasalah adalah perangkat mouse tersebut.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas