4 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk PC dan Laptop Kalian

video

Sebagai pengguna internet, video sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk dikonsumsi. Mulai dari hiburan, edukasi, sampai hal-hal yang belum pernah terlihat divisualisasikan dalam bentuk gambar bergerak dan bersuara ini. Kebanyakan orang lebih memilih video dibandingkan teks karena visualnya yang lebih hidup dan berwarna.

Banyak pengguna internet yang membuat video dan mengunggahnya ke berbagai situs. Maka dari itu, hadirlah bermacam aplikasi edit video mulai dari yang kompleks hingga simpel. Akan tetapi, yang esensial di antara semua edit video terletak pada pemotongannya. Pasalnya, beberapa situs mempunyai batas waktu untuk videonya sendiri.

Baca juga: Rekomendasi 3 HP Infinix Terbaik dan Harganya (Terbaru 2022)

Banyak yang belum mengetahui kalau memotong video tidak harus dengan aplikasi yang rumit. Nyatanya, banyak aplikasi yang sangat simpel dan memudahkan pengguna hanya untuk sekedar potong video.

Jangan khawatir, dengan spesifikasi PC yang rendah sekalipun, kalian bisa memotong video tanpa harus takut kena hang. Berikut aplikasi terbaik dan tersimpel potong video versi kami!

1. Free Video Cutter Joiner

Aplikasi pemotong video yang paling simpel dan populer adalah Free Video Cutter Joiner. Bukan hanya gratis, aplikasi ini memiliki ukuran kecil dan bisa memotong waktu yang sangat detail. Pasalnya alat yang ada memudahkan Anda untuk memotong sepersekian detik. Tanpa harus dipelajari, dengan sendirinya Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Walaupun sangat sederhana, Free Video Cutter Joiner juga bisa menggabungkan beberapa video dan hasilnya pun tetap sama dengan video aslinya. Free Video Cutter Joiner hanya didukung oleh perangkat OS Windows. Aplikasi ini bisa membaca beragam format video seperti AVI, 3GP, MKV, MP4, FLV dan lainnya. Unduh aplikasinya di sini.

2. Media Cope

Aplikasi untuk memotong video gratis selanjutnya adalah Media Cope. Media Cope sebenarnya tidak hanya menyuguhkan potong video saja, namun mereka juga bisa mengkonversi ke format yang lain. Format video yang didukung adalah format populer seperti MP4, FLV, AVI, MOV dan lain-lain.

Bukan hanya fokus di video saja, Media Cope juga bisa mengedit pemotongan audio. Jadi, Anda bisa mengubah suara atau hanya fokus memotong suara tanpa harus memotong klip di dalam videonya. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dan hanya bisa digunakan komputer Windows. Jadi, tunggu apa lagi? Anda bisa kunjungi situsnya di sini.

3. iTech Video Cutter

Tak kalah simpel, iTech Video Cutter akan membantu Anda untuk memotong video dengan mudah. Caranya, Anda hanya perlu menambahkan file video yang ingin dipotong. Setelah itu, mainkan videonya dengan menekan tombol play.

Jika video sudah diputar, silakan pilih bagian yang ingin dipotong dengan menggeser indikator, lalu tekan tombol start point.

Setelahnya, silakan pilih bagian akhir dari video yang akan dipotong dengan menggeser indikatornya lagi. Kalau sudah, tekan tombol end point. Secara otomatis, iTech Video Cutter akan menandai bagian video yang ingin dipotong. Tugas terakhir Anda adalah menekan tombol save clip untuk menyimpan video tersebut. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Seperti yang sudah kami sampaikan, aplikasi ini benar-benar simpel, bahkan kontrolnya pun sangat sederhana. Sayang, aplikasi ini tak menghadirkan versi gratis. Namun, Anda akan mendapatkan trial selama 30 hari saat pertama mengunduhnya.

4. TunesKit

Selanjutnya, ada TunesKit. Aplikasi ini juga mudah untuk dioperasikan. Untuk memotong video, seperti biasa, Anda tinggal memilih file video yang akan dipotong. Lalu, drag and drop videonya ke aplikasi TunesKit.

Jika sudah, cukup pilih durasi awal dan durasi akhir video pada opsi start time dan end time. Langkah selanjutnya, tinggal pilih format output dari video yang dipotong. Aplikasi ini mendukung output ke format AVI, MKV, format MP4, dan masih banyak lagi.

Kalau sudah, tekan tombol start untuk mulai memproses pemotongan video. Untuk mengecek hasilnya, silakan tekan tombol output folder dalam aplikasi.

Menurut kami, aplikasi ini tak memiliki kekurangan berarti. Namun, seperti biasa aplikasinya tidak sepenuhnya gratis. Anda memang dapat mengunduh versi trial-nya, namun tentu dengan fitur yang terbatas.

Salah satunya, Anda hanya diizinkan untuk melakukan lima kali pemotongan video selama pemakaian versi trial. Jika Anda tertarik, tersedia opsi langganan dengan tarif Rp200.000-an per bulan. Kabar baiknya, aplikasi ini tersedia di dua platform, yakni Mac dan Windows.