3 Gaming Monitor Terbaik Ditinjau oleh Tech Enthusiast 2022

gaming

Saat bermain gaming di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti SamsungAOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.

Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya.

Baca juga: Inilah 5 Rekomendasi Monitor Portable Terbaik di Indonesia

Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!

Apa beda gaming monitor dengan monitor biasa?

Pertama, apa sebenarnya yang membuat gaming monitor berbeda dari monitor standar? Perbedaan paling mencolok dari gaming monitor dengan monitor biasa terletak pada refresh rate dan response speed. Secara umum digambarkan bahwa tampilan pada gaming monitor terlihat lebih padat dan tajam.

  • Refresh rate adalah kemampuan monitor untuk melakukan refresh atau kecepatan monitor dalam memperbarui gambar setiap detiknya. Ukurannya menggunakan satuan “Hz” dan makin tinggi angkanya, makin mulus pula gerakan yang ditampilkan. Monitor biasa memiliki refresh rate sekitar 60 Hz, sedangkan refresh rate pada monitor gaming adalah 144 Hz dan 240 Hz.
  • Response time adalah kecepatan monitor untuk mengubah warna yang ditampilkan dalam satuan “ms”. Dalam hal ini, makin rendah angkanya, makin sedikit afterimage yang muncul. Gaming monitor dapat memiliki response speed hingga 1 ms.

Dengan memakai monitor berspesifikasi tinggi, permainan Anda akan terasa lebih menyenangkan. Bagi Anda yang menyukai competitive game atau ingin menikmati keindahan visual dari game Anda, monitor seperti ini adalah must have item!

Banyak orang berpendapat bahwa makin besar layar, makin baik kualitas gambarnya. Hal ini tidak berlaku bagi gaming monitor. Tidak semua game akan nyaman dimainkan dalam monitor berukuran besar. Berikut adalah tiga ukuran monitor yang umumnya digunakan untuk gaming.

Ukuran 24 inci, sesuai dengan preferensi para profesional

2b8f9dc4dcc574ec4df1703909e1e55b

Ukuran monitor 24 inci adalah ukuran standar yang digemari oleh para pro gamer. Terutama bagi Anda penikmat game first-person shooter (FPS), seperti Valorant, CS-GO, dan Rainbow Six Siege, sebaiknya Anda memilih monitor berukuran sekitar 24 inci. Hal ini supaya sudut pandang Anda dapat menjangkau ke seluruh bagian monitor.

Monitor ukuran ini juga umum digunakan oleh tim e-sports karena performanya yang optimal di resolusi 1080p (Full HD) dengan scale 16:9. Ukurannya yang tidak begitu besar membuat monitor ini cocok digunakan dengan lower-end PC.

Ukuran 27 inci, nikmati pengalaman gaming terbaik

8f286f796e3e6879d2bcc2fd926c7fe8

Jika Anda memiliki high-end setup, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk memilih monitor 27 inci. Monitor ini bekerja optimal dalam resolusi 1440p (Quad HD) yang dapat memberikan detail sekitar 100 pixels per inch (ppi).

Dengan spesifikasi tersebut, warna yang ditampilkan lebih kontras dan tajam sehingga Anda dapat memainkan game MOBA, seperti Dota 2 dan League of Legends, dengan lebih nyaman.

Dengan jarak duduk yang normal, Anda dapat menikmati pengalaman gaming yang lebih baik. Namun, refresh rate monitor ini umumnya tidak sebaik monitor 24 inci. Meskipun begitu, bermain game battle royale, seperti PUBG, membuat Anda lebih mudah mendeteksi musuh karena tampilan monitor ini lebih detail.

Ukuran 32 inci, untuk penggunaan kasual yang memanjakan mata

dd3ecacbca29d92ac2116ef47b477f83

Bagi Anda yang gemar memainkan game balapan atau single-player game dengan kualitas grafis yang memukau, seperti God of War, Red Dead Redemption 2, dan Forza Horizon, kami sarankan Anda menggunakan monitor 32 inci. Monitor besar ini biasanya support untuk resolusi 4k! Layarnya yang lebar membuat Anda dapat melihat dengan jelas setiap environment details dalam game.

Ditambah lagi bila game tersebut memiliki mode cinematic, mata Anda akan benar-benar dimanjakan. Pengalaman gaming Anda akan lebih menarik seperti sedang menonton film di layar lebar. Anda akan jadi lebih hanyut ke dalam storyline yang disuguhkan dalam game.

Namun, Anda harus menjaga jarak duduk Anda dengan layar. Duduk terlalu dekat dengan layar dapat membuat mata Anda cepat lelah. Meskipun demikian, monitor ini juga cocok untuk bermain local multiplayer game. Anda dapat berbagi layar dengan rekan Anda senyaman mungkin.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas