21 Guru Honorer di Bangka Tengah Miliki Peluang Lulus CPNS/PPPK Lebih Tinggi, Ini Alasannya

IMG 20220714 WA0001
Foto: Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar.(Erwin/intrik)

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH – Sebanyak 21 guru honorer di Bangka Tengah memiliki peluang lebih besar untuk lolos CPNS maupun CPPPK dibandingkan dengan yang lain.

Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar mengatakan 21 guru honorer tersebut lebih prioritas karena memiliki sertifikat pendidik atau serdik.

“Berdasarkan aturan di tahun sebelumnya, guru honorer yang punya serdik otomatis langsung mendapatkan penambahan poin saat seleksi CPNS maupun CPPPK disalah satu jenis tes,” ujarnya, Jumat (14/9/2022).

Meskipun demikian, ia tidak bisa memastikan para guru tersebut bisa lulus atau tidak karena harus tetap memiliki nilai yang tinggi saat tes nanti.

“Walaupun ada penambahan nilai dari awal, tapi bisa saja guru honorer yang tidak punya serdik justru nilainya lebih bagus dan bisa menyalip nilai guru honorer yang punya serdik,” sambungnya.

Iskandar mengatakan saat ini ada 748 guru honorer di Bangka Tengah dimana 572 diantaranya dibiayai dari APBD dan 176 dari APBN.

Ia juga menjelaskan, semua guru honorer di Bangka Tengah telah terdaftar di Data Pokok Peserta Didik (Dapodik) dengan rincian rata-rata lama mengajar selama 5 tahun.

Data tersebut bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbarui secara online.

“Jadi semua honorer yang ada di Bangka Tengah telah terdaftar di Dapodik,” ucap Iskandar kepada intrik.id.

Di samping itu, ia menegaskan tidak ada perbedaan antara guru honorer yang memiliki serdik dan yang tidak baik dari segi gaji maupun tunjangan.

“Semuanya sama, karena dari segi anggaran kita sepertinya masih belum mampu. Jadi selain gaji pokok, semua guru honorer di Bangka Tengah mendapatkan THR dan insentif 100 ribu per bulan,” ujar Iskandar. (Erwin)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas