2 Tips dan Cara Memindahkan Wa ke HP Baru dengan Sangat Mudah

HP baru

Ketika kita membeli HP baru, PR pertama yang harus kamu lakukan adalah transfer data dari WhatsApp ke HP baru. Terlebih lagi jika pekerjaanmu melibatkan WhatsApp sebagai media untuk berkomunikasi, transfer data haruslah dilakukan secara teliti. Jangan sampai ada data seperti chat, foto, video dan dokumen-dokumen lainnya terlewat.

Jadi, ketika kamu berencana untuk menggunakan perangkat baru, kamu harus harus mencadangkan data di WhatsApp terlebih dahulu agar data tersebut bisa kamu buka di ponsel baru kamu. Untuk mencadangkan data kamu perlu melakukan beberapa tahapan yang harus kamu lewati sekaligus untuk memindahkan data di dalamnya.

Baca juga: 3 Tips dan Cara Menghilangkan Tulisan (Watermark) Video CapCut Tanpa Ribet

Cara Mencadangkan Data di WhatsApp

Sebetulnya, WhatsApp melakukan pencadangan otomatis secara lokal setiap hari pada pukul 02.00 dini hari. Berkas pencadangan data ini kamu bisa akses melalui file manager dengan membuka penyimpanan internal, kemudian masuk ke folder WhatsApp dan buka database.

Setelah itu akan muncul beberapa file dengan nama msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12. TTTT merupakan penunjuk tahun, BB menunjukan bulan, dan DD adalah tanggal. Pilih salah satunya dan kamu bisa memindahkan ke penyimpanan lain yang lebih aman.

Namun, jika kamu hanya membutuhkan berkas cadangan yang baru, kamu cukup menyalin msgstore.db.crypt12. Berkas ini merupakan berkas cadangan lokal terbaru yang dibuat hari itu oleh WhatsApp.

Selain itu pula, kamu bisa membuat cadangan data ke Google Drive. Sekarang cadangan data WhatsApp ke penyimpanan Google ini tidak lagi memakan ruang penyimpanan yang kita punya di Google Drive.

Jadi, kalau kamu ingin mencadangkan data di WhatsApp, kamu bisa lakukan secara manual. Sebab proses ini tidak bisa kamu lakukan secara otomatis. Nah, langkah lengkapnya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian, klik ikon tiga titik yang terletak di sudut kanan atas.
  • Masuk ke menu Setting dan pilih Chat > Chat Backup.
  • Atur jadwal Backup.
  • Kemudian, pilih akun Google Drive, jaringan kamu akan kamu gunakan dan pilihan untuk menyertakan video di dalam proses pencadangan tersebut.
  • Untuk melakukan penyimpanan hasil pencadangan, jangan lupa tekan tombol cadangkan.
  • Tunggu sampai beberapa saat hingga rampung.

Cara Memindahkan WhatsApp ke HP Baru dengan Nomor yang Sama

Sekarang kita masuk ke topik utama, yakni bagaimana cara memindahkan WhatsApp ke HP baru. Tadi kamu sudah mencadangkan chat dan data ke akun Google Drive, sekarang kamu sudah bisa memulai proses memindahkan WhatsApp baru.

Semua data sudah aman dicadangkan. Jadi, kamu sudah bisa memulai langkah memindahkan WhatsApp ke HP barumu. Ikuti petunjuk-petunjuknya:

  • Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi WhatsApp di HP barumu.
  • Buka aplikasinya dan masuk ke menu, lalu pilih Setting.
  • Lalu, pilih menu Akun > Ganti Nomor.
  • Masukkan nomor telepon lama, yang sekarang masih tertaut pada akun WhatsApp-mu.
  • Masukkan nomor telepon lamamu.
  • Terakhir, lakukan verifikasi nomor telepon baru dengan memasukkan kode verifikasi yang nanti akan kamu terima di HP baru.

Nah, sekarang akun WhatsApp-mu sudah kamu pindahkan. Jangan heran apabila kamu mendapati chat dan data di WhatsApp yang sekarang tidak lengkap. Kamu bisa transfer histori chat untuk mengembalikan data dengan langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik tombol menu yang terletak di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, klik Setting.
  • Cari menu Chat dan pilih Backup.

Permasalahan Saat Masuk ke WhatsApp di HP Baru

Untuk memindahkan WhatsApp ke HP baru, ada hal penting yang harus kamu perhatikan. Hal tersebut adalah nomor telepon yang digunakan untuk registrasi harus dalam keadaan aktif dan kamu bisa mengakses nomor tersebut.

Saat memindahkan WhatsApp ke HP baru, PR lain yang harus diselesaikan selain mentransfer chat dan data adalah masuk. Kenapa bermasalah? Pasalnya sering kejadian nomor telepon yang didaftarkan sebagai nomor WhatsApp sudah habis masa aktifnya.

Ini bisa disebabkan karena nomor tersebut terlalu lama dibiarkan, sehingga masa aktifnya terlewat. Mau tidak mau ini akan menyulitkanmu untuk melakukan proses verifikasi akun di HP baru.

Sebetulnya kamu tidak seorang diri yang mengeluhkan masalah verifikasi ini. Pasalnya beberapa orang merasakan hal yang sama. Mereka kesulitan masuk ke akun ketika memindahkan WhatsApp ke HP baru karena nomor yang sudah hangus.

Sebelumnya untuk masuk WhatsApp di HP baru masih bisa dilakukan dengan menggunakan nomor virtual. Kabarnya dengan bantuan aplikasi dan memasukkan nomor virtual yang berasal dari luar negeri, kamu sudah bisa masuk ke akun WhatsApp.

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas