Waspada, 40 Persen Siswa SMA dan 12 Guru di Babel Terpapar Paham Radikalisme

IMG 20220824 095122 486 transcpr
Foto: Ketua FKPT Babel, Sri Wahyuni. (Intrik)

INTRIK.ID, BABEL — Siswa jenjang SMA di Bangka Belitung rentan dan mudah terpapar paham radikalisme. Hal itu diungkapkan Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Bangka Belitung, Sri Wahyuni, Rabu (24/8/2022).

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihaknya, hampir 40 persen siswa SMA di Bangka Belitung terpapar paham radikalisme.

“BNPT melalui FKPT Babel setiap tahunnya selalu melakukan survei. Kemarin kita juga melakukan survei ke 5 ribu lebih siswa se Bangka Belitung, dan hasilnya hampir 40 persen terpapar,” ungkapnya.

Bahkan terdapat 12 guru di Bangka Belitung juga sudah terpapar paham terlarang tersebut.

“Survei guru ini kita ambil dari 150 guru,” tambah Sri.

Ia juga menegaskan bahwa 2018 lalu, Bangka Belitung sempat berada di peringkat ke-5 sebagai daerah bahaya terpapar dengan indikator dari potensi bahaya menuju kuat.

“Untuk itu kita sangat membutuhkan peran pemerintah daerah dalam mengatasi hal ini,” tegasnya.

Ia melanjutkan, paham-paham tersebut harus segera diberantas salah satunya dengan menggunakan pendekatan lunak seperti membuat kegiatan positif yang melibatkan generasi muda.

“Yang ditemukan ini baru sebatas paham saja belum aksi, karena terorisme itu jika sudah melakukan aksi. Penyebaran paham radikalisme di kalangan pemuda ini rata-rata mengatasnamakan agama,” terang Sri.

Untuk membentengi diri dari hal-hal tersebut, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat, terutama generasi muda untuk selalu menjaga idelogi bangsa, dan mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari.(red)

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas