Sandiaga Janji Bawa Produk UMKM Desa Perlang ke Jakarta, Pokdarwis: Kita Belum Punya Sentra UMKM 

IMG 20220811 WA0018

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendatangi Desa Perlang yang menjadi 50 Anugerah Desa Wisata Terbaik Indoensia.

Dalam pidatonya, Sandiaga akan membantu UMKM dan sektor pariwisata Desa Perlang agar lebih meningkat. Bahkan, ia berjanji akan membawa produk UMKM Desa Perlang ke Jakarta.

“Kita akan bawa ke Jakarta semua produk UMKM ke Jakarta dan akan kita etalasekan disana dan perkenalkan kepada publik,” jelasnya kepada awak media, Kamis (11/8/2022)

Ia juga mengatakan, pihaknya akan melakukan pelatihan untuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) agar lebih baik lagi dalam mengelola Desa Wisata Perlang lebih baik.

“Kita juga akan membantu dalam memberikan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI-red) yang diminta tadi agar hak itu bisa dimiliki secara penuh oleh Desa tersebut,” ucapnya.

“Ini juga arahan pak Jokowi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Kita akan juga akan membangun Sustainability di Desa Perlang agar jadi desa mandiri tentunya. Punya produk sendiri, wisatanya bagus dan menjadi tujuan destinasi para wisatawan lokal hingga internasional,” tambahnya.

Sementara itu, Ega Bendahara Pokdarwis Linau Mentari Perlang mengungkapkan, pihaknya masih mengalami banyak kendala dalam pengelolaan Desa Wisata Perlang.

“Kami masih belum punya sentra UMKM kayak di Kurau untuk kami jual produk kami ke wisatawan. Yah orang kesini masak cuma datang terus pulang, harus ada yang menjadi ciri khas datang ke Desa Wisata Perlang biar ada kesan. Kita aja jual produk kita kalau ada orderan aja,” tuturnya.

Ia juga berterima kasih atas bantuan ya g diberikan Menteri Sandiaga kepada Desa Wisata Perlang atas sarana prasarana, sekaligus HAKI dan pelatihan nantinya.

“Tadi kata pak menteri akan adakan pelatihan untuk kami, tadi juga ngasih sarana dan prasaran untuk desa wisata danau pading, terus akan bawak produk kami ke Jakarta. Makasih banget pokoknya,” tutupnya.(erwin)