KTP Bisa Cetak Dimana Saja

IMG 20220811 WA0019

INTRIK.ID, BANGKA TENGAH — Masyarakat yang kehilangan KTP ataupun rusak dapat melakukan percetakan ulang di kantor Dukcapil manapun.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Tengah, Julhasnan mengatakan aturan cetak KTP di luar domisili tersebut sudah terintegrasi dengan Dukcapil yang ada di seluruh Indonesia.

“Misalnya ada warga Bangka Tengah yang sedang bepergian ke Jakarta dan tiba-tiba KTP-nya rusak atau patah, maka bisa langsung pergi ke Dukcapil terdekat,” kata Julhasnan, Kamis (11/8/2022).

Lanjut dia, selanjutnya Dukcapil yang tuju akan menghubungi Dukcapil Bangka Tengah untuk konfirmasi dan verifikasi data.

“Jadi kalau KTP-nya rusak atau patah, bawa aja yang sudah dalam kondisi rusak atau patah tersebut supaya bisa dicek NIK-nya dan diganti dengan fisik KTP yang baru,” jelasnya ke intrik.id

Begitupun jika KTP hilang yang juga bisa dicetak kembali di Dukcapil manapun dengan persyaratan tidak merubah data serta membawa surat bukti kehilangan dari kepolisian.

“Kecuali kalau ada perubahan data, mau tidak mau harus mencetaknya di Dukcapil tempat awal diterbitkan KTP-nya tersebut,” ujarnya.

Di samping itu, Julhasnan menjelaskan bahwa kedepannya juga akan ada KTP digital yang bisa diakses melalui smartphone.

“Sama kayak BPJS, jadi KTP juga bisa diakses lewat handphone dan yang kartu fisiknya juga tetap berlaku,” tambahnya.

Lanjut dia, implementasi KTP digital tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat meski belum bisa dipastikan apakah pemanfaatannya bisa dilakukan dalam banyak hal.

“Kita juga belum tau, apakah KTP digital ini bisa diterima ketika verifikasi saat melakukan penerbangan ataupun ketika check-in hotel dan lain-lain,” ungkapnya.

Namun yang pasti, adanya KTP digital tersebut merupakan salah satu langkah untuk mencegah perihal seperti KTP hilang ataupun tertinggal. (erwin)