Ketua PWI Bangka : Mengelola Berita Butuh Pemahaman Jurnalistik

IMG 20220824 WA0000

BANGKA .SUNGAILIAT. INTRIK.ID –
Sebanyak 50 Peserta dari berbagai instansi mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka. Kegiatan di Ballroom Hotel ST 12 Sungailiat, berlangsung satu hari 27 September 2022.

Ketua PWI Kabupaten Bangka, Zuesty Novianti mengatakan pelatihan jurnalistik ini ditujukan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Data di setiap instansi agar responsif dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Kegiatan kegiatan itu banyak, jumlah wartawannya terbatas sehingga banyak agenda kegiatan Instansi, dinas, lembaga, OKP, perusahaan, dan lain lainnya itu tidak tercover. Sehingga dengan membekali SDM melalui pelatihan jurnalistik, setiap instansi mereka lebih aktif memberikan informasi atau berita melalui media massa, untuk disampaikan kepada masyarakat,”jelas Zuesty, Jumat (26/8/2022) sore.

Lebih lagi, narasumber dalam menyampaikan informasi pun harus dapat dikelola dengan baik sehingga tidak terjadi Miss communication bagi para pembaca Sehingga dengan tenaga narasumber yang bersertifikasi dan kompeten dari PWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, para peserta diharapkan dapat membuat produk jurnalistik dasar sesuai kode etik jurnalistik.

“Pematerinya sudah bersertifikasi dan kompeten dari PWI Provinsi. Kami harap para peserta minimal bisa membuat berita rilis dan dikirimkan langsung redaksi media massa,”tukas Esty.

Menakjubkannya, animo masyarakat pun luar biasa dalam kegiatan ini. Hingga Jum’at (26/8/2022) masih banyak pihak pihak ingin berpartisipasi sebagai peserta. Hanya saja untuk agenda kali ini, Zuesty mengatakan kuota disediakan Panitia hanya 50 orang.

“Alhamdulillah banyak respon masyarakat yang ingin ikut. Tapi untuk kali ini kuota ya terbatas. Insha Allah, nanti akan diagendakan lagi untuk kegiatan selanjutnya. Karena September ini akan dilanjutkan dengan program Pers Sekolah yang akan diikuti perwakilan pelajar seluruh SMA/SMK se-Kabupaten Bangka,”tutupnya.

Sumber : PWI Kabupaten Bangka

Home
Adv
Redaksi
Cari
Ke Atas